-->

Ads 720 x 90

Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Judul materi : Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan
Materi Kelas : Delapan (8)
Tema Materi : Teks Ulasan
Ringkasan Materi : Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan terdapat dalam buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013. soal berada pada halaman 170 tepatnya di kegiatan 6.6. Adapun jawaban soal tersebut adalah jawaban alternatif dari Admin yang diperuntukan sebagai bahan evaluasi adik-adik setelah mengerjakan soal tersebut sendiri, namun sekiranya adik-adik agar lebih paham Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan , maka dari itu contoh soal dan jawaban ini sangat berguna untuk adik-adik pelajari. berikut contoh soal dan jawabannya :
Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

A. Pasangkanlah!

Sebab termasuk konjungsi kausalitas karena memiliki persamaan arti dengan karena. Contoh kalimat; Kini ia dibenci orang sebab perbuatannya yang sering mengadu dombakan orang.

Hendaknya termasuk rekomendasi (saran) karena memiliki persamaan arti dengan sebaiknya. Contoh kalimat; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.

Semenjak termasuk kata depan penanda waktu karena memiliki persamaan arti dengan dari, sejak. Contoh kalimat; Semenjak menjadi ketua kelompok, Tian yang dulunya ramah kini bossy.

Kemudian termasuk konjungsi temporal (bersifat waktu), lebih rincinya temporal sederajat. Contoh kalimat; Kulihat sebuah mobil melaju kencang di jalan raya, kemudian berbelok ke arah gang kecil.

Yaitu termasuk konjungsi penerang. Contoh kalimat; Laptop Yani dipinjam oleh temannya yaitu Popo sejak kemarin siang.

B. Contohkanlah!
Tunjukkanlah contoh kalimat dari suatu teks Ulasan menggunakan kata-kata berikut :

Akhirnya termasuk konjungsi (kata hubung) penegas. Contoh kata; Sekian lama aku berkorban untuknya, akhirnya ia mulai membuka hatinya untukku.

Bahwa termasuk konjungsi penjelas. Contoh kata; Ibu tergesa-gesa pulang dengan sepedanya, lalu ia menghampiriku dan berkata bahwa ayah akan segera pulang dari peperangan.

Hendaknya termasuk kata saran/rekomendasi. Hendaknya sama dengan sebaiknya. Contoh kata; Bapak baru saja tiba, hendaknya bapak minum teh dan berbincang-bincang santai bersama kami.

Lalu termasuk konjungsi temporal. Contoh kata; Anda pura-pura menjadi orang gila, alihkan perhatian mereka, lalu kami akan menyelinap masuk selama itu.

Karena termasuk konjungsi kausalitas (sebab-akibat). Contoh kata; Anak anda melakukan penyimpangan sosial, karena itu kami terpaksa mengeluarkannya dari sekolah.

C. Contohkanlah!
Buatlah Contoh Kalimat dengan kata-kata berikut!
Jelaskan pula arti dari kata-kata tersebut supaya jelas perbedaannya!

Sebab adalah hal yang membuat terjadinya sesuatu. Contoh kalimatnya : Ia dijauhi temannya Sebab Ia sering berbohong

Penyebab, kata dasarnya sebab. Berarti yang menyebabkan. Contoh kalimat; Malas adalah penyebab seorang menjadi tidak sukses dalam hidupnya.

Penyebabnya berarti yang menyebabkan. Sama seperti yang atas. Contoh kalimat; Virus Corona telah menyebar penyebabnya adalah virus yang terdapat pada hewan kelelawar.

Penyebaban bukan kalimat baku, jadinya gak ada artinya yaa :)

Menyebabkan berarti sesuatu yang menjadi sebab. Contoh kalimat; Berlama-lama bermain telepon Genggam akan menyebabkan mata rusak.

Disebabkan sama artinya yang atas, tapi ini pasif alias lampau. Contoh kalimat; Stres pada anak sekolah disebabkan oleh jadwal sekolah yang terlalu padat.

Oleh sebab itu sama artinya dengan oleh karena itu, merupakan konjungsi antar kalimat. Contoh kalimat; Putra kami melakukan banyak sekali pelanggaran, oleh sebab itu, kami memohon sebesar-besarnya dan berusaha agar hal itu tidak terulang lagi.

https://bahasauntukmu.blogspot.com/2020/02/contoh-dan-jawaban-soal-menelaah_99.html Demikianlah Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan, semoga bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter