Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Ulasan

Judul materi : Menelaah struktur dan Kaidah Teks Ulasan
Materi Kelas : Delapan (8)
Tema Materi : Teks Ulasan
Ringkasan Materi : Contoh Soal Menelaah struktur dan Kaidah Teks Ulasan terdapat dalam buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013. soal berada pada halaman 167 tepatnya di kegiatan 6.5. Adapun jawaban soal tersebut adalah jawaban alternatif dari Admin yang diperuntukan sebagai bahan evaluasi adik-adik setelah mengerjakan soal tersebut sendiri, namun sekiranya adik-adik agar lebih paham Menelaah struktur dan Kaidah Teks Ulasan , maka dari itu contoh soal dan jawaban ini sangat berguna untuk adik-adik pelajari. berikut contoh soal dan jawabannya :
Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Ulasan

Materi singkat Kegiatan 6.5 :
Teks ulasan adalah sebuah teks yang menyajikan penilaian terhadap suatu karya. Sebuah teks ulasan yang baik mampu menyajikan penilaian yang jujur, obyektif, berimbang, menyeluruh, dan mendetil terhadap suatu karya agar mampu menjadi referensi bagi masyarakat dalam membuat keputusan.

Pertanyaan Kegiatan 6.5 Bagian A. 
1. Baca kembali teks ulasan untuk novel Atheis!
2. Secara berdiskusi, jelaskanlah bagian-bagian dari struktur teks tersebut secara jelas!

Jawaban Kegiatan 6.5 bagian A

Identitas Karya
Judul : Atheis
Pengarang : Achdiat K. Mihardja
Penerbit : Balai Pustaka
Tahun terbit : 1949 (cetakan pertama)
Tebal halaman : 232 halaman

Orientasi
Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang memperoleh hadiah tahunan  Pemerintah RI tahun 1969. R.J. Maguire menerjemahkan novel ini ke bahasa  Inggris tahun 1972. Sementara itu, Sjuman Djaya mengangkatnya ke layar perak  tahun 1974 dengan judul yang sama.

Sinopsis
Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh Hasan. Dari kecil ia dididik  menjadi anak yang saleh. Ia begitu taat beribadah. Begitu juga dengan orang tuanya  adalah pemeluk Islam yang fanatik. Orang tua Hasan menyekolahkan di MULO.  Di sekolah itu dia bertemu dengan seorang gadis cantik yang bernama Rukmini.  Hubungan keduanya semakin akrab. Mereka saling jatuh cinta. Rupanya kisah  cinta mereka tidak bisa berlangsung lama. Oleh orang tuanya, Rukmini disuruh  kembali ke Jakarta. Ia akan dipinang oleh seorang saudagar kaya. Ia menuruti  nasihat orang tuanya dengan menerima pinangan saudagar kaya tersebut meski  pernikahan itu tidak disertai rasa cinta.

Kejadian itu membuat hati Hasan hancur. Ia menjadi frustrasi. Untuk  menghilangkan bayangan Rukmini dari hidupnya, ia mengikuti aliran tarekat  seperti yang telah lama dianut orang tuanya. Ia semakin taat beribadah. Akan  tetapi, kehidupannya berubah ketika dia bertemu teman lamanya, yaitu Rusli.

Temannya itu datang bersama seorang wanita cantik bernama Kartini. Ia adalah  perempuan modern dan pergaulannya bebas. Ia juga seorang janda. Ternyata  sejak perjumpaan itu, Hasan menaruh hati pada Kartini. Alasannya, Kartini memiliki karakter yang hampir sama dengan Rukmini.

Semenjak Hasan mencintai Kartini, dia pun juga bergaul dengan temanteman  Kartini. Hasan mencoba untuk menyadarkan Kartini dan Rusli dengan  memberikan ceramah-ceramahnya. Akan tetapi, karena Rusli juga pandai bicara,  kemudian dialah yang berbalik memengaruhi Hasan. Tanpa disadari, pemikiranpemikiran  Rusli melekat di kepala Hasan. Mulanya, Hasan tidak terpengaruh.  Namun, keyakinannya mulai goyah ketika dia dikenalkan dengan seorang yang  tidak percaya Tuhan, yaitu Anwar. Pengetahuan Anwar tentang ketuhanan begitu  luas.

Analisis
Novel ini banyak memberikan pelajaran kepada pembacanya. Kita harus  pandai bergaul dengan orang lain. Jangan sampai salah pergaulan hingga pada  akhirnya kita malah tersesat, bahkan sampai mengingkari ajaran agama. Kita  harus senantiasa berpegang teguh pada agama dan selalu meyakini keberadaan  Tuhan.

Nilai moral yang kedua adalah hendaknya kita mau memaakan kesalahan  orang lain yang sudah bertobat. Jangan seperti tokoh ayah Hasan yang tidak mau  memaakan kesalahan anaknya bahkan sampai ajal menjemputnya. Manusia  adalah tempat salah dan lupa. Setiap manusia pasti mempunyai kesalahan, tetapi  suatu saat juga akan kembali ke jalan yang benar. Jika Tuhan Maha Pengampun,

Pengasih, dan Penyayang, mengapa manusia tidak bisa, apalagi demi memaakan  anaknya sendiri. Bahasa novel ini lugas dan mudah dipahami.

Evaluasi
Sayangnya, novel  ini sudah sangat langka sehinga sulit diperoleh.

Pertanyaan Kegiatan 6.5 Bagian B.
Pasangkanlah!

Jawaban Kegiatan 6.5 Bagian B
1. Bahasa novel ini lancar dan mudah dipahami -> Analisis

2. Novel memberikan banyak pelajaran pada  pembacanya antara lain bahwa kita harus pandai  bergaul dengan orang lain. -> Evaluasi

3. Atheis merupakan salah satu novel terbaik yang  memperoleh hadiah tahunan Pemerintah RI tahun  1969. -> Orientasi

4. Judul : Atheis

Pengarang : Achdiat K. Mihardja. -> Identitas

5. Novel ini menceritakan perjalanan hidup tokoh  Hasan. -> Sinopsis

Demikianlah Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Ulasan, semoga dapat dijadikan bahan rujukan untuk mengevaluasi hasil belajar kamu dalam mengerjakan kegiatan 6.5 tersebut. jangan lupa rajin-rajin belajar dan membaca.

Lihat Content Blog ini di Aplikasi KeceApps
klik gambar diatas untuk download App atau ketik KeceApps di Play store

Belum ada Komentar untuk "Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Struktur dan Kaidah Teks Ulasan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel