-->

Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan baku, kalimat langsung, konjugsi bahwa pada teks berita

Materi Kelas : Kelas 8 (Delapan)
Tema Materi : Berita Seputar Indonesia
Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan baku, kalimat langsung, konjugsi bahwa pada teks berita

Ringkasan Materi :
Contoh dan Jawaban Soal Kaidah Kebahasaan baku, kalimat langsung, konjugsi bahwa pada teks berita. Soal terdapat pada buku paket Bahasa Indonesia kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017. untuk jawaban yang ada di blog ini merupakan olah pikir dari admin yang sengaja di share untuk sebagai bahan reverensi jawaban yang benar dan baik dalam evaluasi belajar bahasa indonesia.

Kegiatan 1.7
1. Bacalah salah satu berita yang tersaji pada bagian sebelumnya! kamu dapat pula menggunakan berita lainnya.
2. Tunjukanlah kaidah-kaidah kebahasaan yang menandai berita tersebut dengan berdiskusi.
3. Gunakanlah Format berikut sebagai laporannya. 

Judul Berita :  Warga Sesalkan Rencana Pembongkaran JPO Bundaran HI
Sumber : Medcom.id

Isi Berita :
Warga Sesalkan Rencana Pembongkaran JPO Bundaran HI Pejalan kaki melintas di atas jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran HI di Jakarta, Selasa (24/7). ANT/Akbar Nugroho Gumay. Jakarta: Rencana Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membongkar jembatan penyeberangan orang (JPO) Bundaran Hotel Indonesia (HI) meresahkan sejumlah warga. Warga yang menggunakan JPO itu dalam kegiatan sehari-hari merasa dirugikan.

"Sebagai pengguna JPO, saya merasa cukup kesal dengan keputusan merobohkan jembatan tersebut dalam waktu singkat dan tanpa sosialisasi," kata warga bernama Renata di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Sabtu, 28 Juli 2018.

Renata bekerja sebagai pegawai salah satu perusahaan yang berlokasi di Wisma Nusantara. Ia rutin menggunakan jembatan itu untuk menyeberang ke Plaza Indonesia atau Grand Indonesia.

“Seharusnya Pemprov tidak terburu-buru memutuskan sesuatu tanpa memikirkan dampak sosial ke depannya,” tegas Renata.

Renata pun tak setuju bahwa rencana pembuatan pelican crossing sebagai pengganti JPO. Ia menilai, pelican crossing cukup berbahaya buat pejalan kaki.

“Pelican crossing, menurut saya, akan lebih rawan kecelakaan ketimbang JPO. Karena di (Jalan) Thamrin sini, kendaraan enggak ada yang mau mengalah,” jelas dia.

Hal senada juga disampaikan Dion yang bekerja di Wisma Nusantara. Ia tak bisa membayangkan jika JPO tersebut dirobohkan

"Ya memang selama ini karyawan-karyawati yang kantornya di Wisma Nusantara itu sering sekali mengunakan JPO ini,” jelas Dion.

Rencananya, JPO Bundaran HI akan mulai dibongkar pada 30 Juli nanti. Persiapan pun telah dilakukan. Akses menuju Jalan Thamrin akan ditutup mulai 29 Juli, malam.
sumber : medco.id 28 Juli 2018 dengan perubahan



Kaidah Kebahasaan Contoh
a. Kebakuan bahasa Renata bekerja sebagai pegawai salah satu perusahaan yang berlokasi di Wisma Nusantara. Ia rutin menggunakan jembatan itu untuk menyeberang ke Plaza Indonesia atau Grand Indonesia. Alasan: menggunakan kalimat sesuai KBBI
b. Kalimat Langsung “Seharusnya Pemprov tidak terburu-buru memutuskan sesuatu tanpa memikirkan dampak sosial ke depannya,” tegas Renata.
c. Konjungsi bahwa Renata pun tak setuju bahwa rencana pembuatan pelican crossing sebagai pengganti JPO. Ia menilai, pelican crossing cukup berbahaya buat pejalan kaki.
d. Konjungsi temporal/kronologis "Ya memang selama ini karyawan-karyawati yang kantornya di Wisma Nusantara itu sering sekali mengunakan JPO ini,” jelas Dion.
e. keterangan waktu Rencananya, JPO Bundaran HI akan mulai dibongkar pada 30 Juli nanti. Persiapan pun telah dilakukan. Akses menuju Jalan Thamrin akan ditutup mulai 29 Juli, malam.
f. kata kerja mental Hal senada juga disampaikan Dion yang bekerja di Wisma Nusantara. Ia tak bisa membayangkan jika JPO tersebut dirobohkan
LihatTutupKomentar