-->

Contoh Menulis Teks Diskusi Dikandangkan atau dibebaskan

Judul materi :  Menulis Teks Diskusi Dikandangkan atau dibebaskan
Materi Kelas : 9 (Sembilan)
Tema Materi : Menyajikan Teks diskusi
Ringkasan Materi :  Berikut ini adalah soal dan jawaban dari Menulis Teks Diskusi Dikandangkan atau dibebaskan , Haruskah Hewan Dipelihara di Kebun Binatang yang diambil dari buku paket bahasa indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 semester 2, adapun pembahasan soal adalah dari kkatrichannel.info yang dimanfaatkan sebagai bahan referensi untuk mengevaluasi hasil belajar adik-adik kelas 9 setelah mengerjakan soal Kegiatan 2 yang ada dihalaman 142 - 143 dengan pembahasan tentang Menulis Teks Diskusi Dikandangkan atau dibebaskan yang ada di buku paket kelas 9 sebagai berikut :

Menulis Teks Diskusi Dikandangkan atau dibebaskan

Berikut beberapa Contoh menulis Teks Diskusi dengan judul : Dikandangkan atau dibebaskan , Haruskah Hewan Dipelihara di Kebun Binatang?

Contoh Pertama :
Pendahuluan :
Akhir-akhir ini sering terjadi hewan yang ada dikebun binatang. Kematian hewan-hewan tersebut mayoritas disebabkan oleh kurangnya pemberian makanan yang bergizi dan kelalaian petugas Kebun Binatang. Tetapi, banyak juga binatang diluar sana yang hidup bebas diburu oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan demikian, haruskah hewan dipelihara dikebun binatang atau dibebaskan hidup diluar hutan liar ?

Gagasan Utama (Alasan dan bukti pendukung satu sudut pandang)
Berdasarkan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.53/Menhut-II/2006 tentang Lembaga konservasi, bahwa kebun binatang adalah suatu tempat atau wadah yang mempunyai fungsi utama sebagai Lembaga konservasi yang melakukan upaya perawatan dan perkembangbiakan satwa. Oleh sebab itu, perlu adanya kebun binatang sebagai tempat bagi hewan-hewan bisa hidup aman dan terjamin akan mencegah kepunahan pada hewan-hewan yang hidup dikebun binatang dan menambah populasi hewan-hewan tersebut.

Namun, sebagian masyarakat yang tidak setuju bila hewan-hewan tersebut dikandangkan dikebun binatang. Alasannya, karena hewan-hewan yang ditempatkan di kebun binatang biasanya kurang akan perhatian dari pihak petugas kebun binatang.

Banyak masyarakat berfikir, bahwa penagkaran yang ada di kebun binatang kasar dan memanfaatkan binatang hanya untuk hiburan dikebun binatang bagi pengunjung yang datang untuk menonton atraksi hewan-hewan tersebut. Bagi mereka yang berfikiran sempit, hewan-hewan itu hanya dijadikan alat untuk mencari uang dengan mempertontonkan hewan yang  berada disana dengan cara memeras tenaga hewan tersebut hingga membuat hewan itu kelelahan dan mati.

Oleh karena itu, mereka lebih setuju dan mengusulkan jika sebaiknya hewan-hewan tersebut dibebaskan dan dibiarkan hidup dengan bebas dihabitatnya masing-masing. Dengan menempatkan hewan di alam bebas, mungkin hewan-hewan tersebut akan lebih bebas dalam emlakukan aktifitas selayaknya hewan yang hidup tanpa pengekangan dari pihak tertentu. Menurut mereka yang berpendapat bahwa hewan harus dibebaskan yakin bahwa dengan cara membebaskan hewan di alam bebas akan menghindari kejadian kelangkaan atau kepunahan pada hewan lagi.

Gagasan Utama (Alasan dan bukti pendukung  sudut pandang lain)
Tetapi, sebagian besar orang juga tidak setuju apabila hewan-hewan itu ditempatkan di alam bebas, pasti akan menimbulkan banyak kerugian. Kerugian yang ditimbulkan bukan hanya kerugian material namun juga menimbulkan kerugian non material berupa luka-luka dibagian tubuh warga akibat amukan sang hewan saat masuk ke pemukiman penduduk dan menyerang warga. Hal itu terjadi karena hewan sudah mulai kehabisan ketersediaan makanan atau tidak ada lagi makanan dan membuat hewan masuk serta mencari makanan dipemukiman warga, yang menyebabkan warga mengalami kerugian dan tidak setuju apabila hewan-hewan tersebut ditempatkan di alam bebas.
         
Simpulan :
Dengan demikian, pendapat yang dikemukakan oleh beberapa masyarakat tentang penempatan hewan yang tepat sebenarnya sudah ada baiknya. Namun, seharusnya pemerintah juga ikut serta dalam menentukan tempat yang tepat untuk hewan-hewan tersebut, apakah mereka harus dibebaskan atau dikandangakan maupun ditempatkan di kebun binatang. Dengan bermusyawarah dan membicarakan agar menghasilkan keputusan yang tepat akan tempat yang aman dan terjamin, serta mungkin dapat mencegah kelangkaan atau kepunahan hewan-hewan tersebut.

Sumber :Isaw. “ Peraturan Terkait Pengelolaan Kebun Binatang di Indonesia”. 22 Januari 2019. https://www.isaw.or.id/campaigns/indonesian-zoo-watch/indonesian-legislation-on-zoos/?lang=id

Contoh kedua :

Pendahuluan :
Kebun binatang adalah tempat untuk hidupnya para hewan tetapi sangat terbatas. Karena jika hewan hewan dibiarkan hidup diluar akan mengakibatkan buruk kepada hewan tersebut dan manusia juga. Sekarang banyak orang orang yang menggusur hutan untuk keperluan perusahaannya. Itu sudah membuat binatang ketakutan dan susah mencari tempat tinggal. Nah solusi dari itu adalah menempatkan semua binatang dikebun binatang agar binatang itu punya tempat tinggal.

Gagasan Utama (Alasan dan bukti pendukung satu sudut pandang)
Kebun binatang itu sangat perlu karena jika hewan dilepaskan begitu saja ketika rumahnya digusur maka mereka akan mengancam kehidupan manusia. Mencuri rumah orang orang untuk ditinggali dan membuat onar sana sini. Itu mencegah binatang menjadi hewan liar, maka binatang itu perlu dikandangkan untuk kepentingan bersama.

Gagasan Utama (Alasan dan bukti pendukung sudut pandang lain)
Manfaat dikandangkannya hewan hewan itu memang bagus tetapi itu akan membuat hidup para hewan terbatas. Binatang itu ingin hidup bebas layaknya manusia, tidak dikekang dengan kurungan yang membatasi gerak gerik hewan tersebut. Lebih baik dibebaskan ketempat yang layak, jika rumahnya digusur pindahkan ke hutan yang lain agar mereka bebas melakukan sesuatu yang mereka inginkan.

Simpulan

Dua duanya emang memiliki kelebihan dan kekurangan tetapi jika ingin mengandangkan hewan hewan itu kandangkan lah layaknya mereka seperti dirumahnya. Jika tidak bisa lebih baik pindahkan ke hutan satunya agar hidupnya lebih enak dan tidak tergantung makanan yang diberikan di kebun binatang.

Sumber :https://drive.google.com/file/d/15L8R61Ov33XRa7leqsnNduwQdq-Hg-xT/view

Demikianlah Contoh Menulis Teks Diskusi Dikandangkan atau dibebaskan, semoga bermanfaat sebagai bahan referensi atau ide buat kalian mengembangkan pikiran untuk menulis teks diskusi
LihatTutupKomentar