-->

Contoh dan Jawaban Soal Struktur Cerpen Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan

Judul materi : Struktur Cerpen Anak Rajin dan  Pohon Pengetahuan
Materi Kelas : Kelas 9 Bab 3 Semester 1
Tema Materi : Menyusun Cerita Pendek
Ringkasan Materi : Contoh dan Jawaban Soal Memahami Cerpen Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan  diambil dari buku paket kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018. soal diambil dari buku paket kelas 9 halaman 82-83. Adapun Jawaban yang ada di blog ini adalah jawaban admin yang sengaja di share hanya untuk bahan evaluasi adik-adik dalam mengerjakan soal pada halaman 82 hingga 83 yang isinya tentang  Soal Struktur Cerpen Anak Rajin dan  Pohon Pengetahuan jawaban ini dijadikan sebagai EVALUASI jangan dijadikan hanya bahan contekan saja.

Gambar Contoh dan Jawaban Soal Struktur Cerpen Anak Rajin dan  Pohon Pengetahuan


Isi Kotak di sebelah kanan dengan uraian yang tepat berdasarkan cerpen " Anak Rajin dan Pohon Pengetahuan ".

Orientasi
Paragraf pertama adalah tahap orientasi karena berisi waktu kisah (pada suatu waktu), dan Pengenalan tokoh (anak yang rajin belajar. Mogu namanya. Usianya 17 tahun. dst.)

Paragraf kedua masih dalam tahap orientasi karena berisi penentuan peristiwa (Suatu hari ia tersesat dihutan. Hari sudah gelap dst).

Rangkaian Peristiwa

Paragraf ketiga dan sterusnya hingga paragraf kedelapan adalah tahap rangkaian peristiwa. ditandai dengan peristiwa tak terduga (dalam tidurnya, samar-samar Mogu mendengar suara memanggilnya. dst).

Komplikasi
Paragraf kesembilan hingga ke paragraf keduabelas adalah tahap komplikasi ditandai dengan munculnya masalah (Namun, ada pejabat yang iri padanya. Pejabat Monda ini tidak senang Mogu mendapat perhatian lebih dari raja).

Resolusi
Paragraf tiga belas adalah tahap resolusi. ketegangan menurun, adanya solusi untuk permasalahan. (Setelah bepikir sejenak Mogu mau mengantarkan raja dengan syarat mereka harus pergi berdua saja dengan berpakaian rakyat biasa, dan raja harus berjanji takkan pernah memberitahukan kepada siapapun). Selanjutnya adalah cara pengarang mengakhiri cerita. Tentu saja mengakhiri konflik namun tetap memancing emosi pembaca.

Demikianlah Contoh dan Jawaban Soal Struktur Cerpen Anak Rajin dan  Pohon Pengetahuan. semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar