-->

Contoh dan Jawaban Soal Mengomentari Buku Fiksi dan Non Fiksi

Judul Soal : Contoh dan Jawaban Soal Mengomentari Buku Fiksi dan Non Fiksi
Materi Kelas : kelas 7
Tema Materi : Menjadi Pembaca Efektif
Ringkasan Materi :Bab 8

Contoh dan Jawaban Soal Mengomentari Buku Fiksi dan Non Fiksi
Kunci Jawaban Soal Bahasa Indonesia hal 283 buku paket kelas 7 2013, soal mengomentari buku fiksi dan nonfiksi. soal bahasa indonesia ini merupakan soal yang termasuk kegiatan kritis dan kreatif bagi siswa untuk mencari buku fiksi dan nonfiksi serta kalian disuruh untuk menganalisi isi dari buku fiksi dan nonfiksi (Buku Ilmu Pengetahuan Populer) .

2. Pertanyaan Pemandu untuk Mengomentari
Mengomentari isi buku sebenarnya adalah bagian dari kegiatan membuat resensi buku yang akan dipelajari di kelas yang lebih tinggi. Yang dinilai adalah segi kelebihan dan kekurangan buku Hal-hal yang bisa dikomentari pada buku fiksi dan nonfiksi dipaparkan berikut.
Langkah untuk dapat menilai buku nonfiksi adalah dengan membaca buku yang akan dinilai. Saat membaca, jawablah pertanyaan berikut:
Buku Non Fiksi
• Apa judul dan tema buku?
• Apa bidang ilmu yang dibahas dalam buku?
• Apa garis besar isi buku? Apa isi tiap bab?
• Apakah buku ditunjang oleh gambar/foto, ilustrasi, tabel. grafik? Apakah cukup membantu memperjelas?
• Bagaimana penulis merinci menjadi subbab buku? Apakah sistematika mudah diikuti?
• Apakah bahasanya mudah dipahami?
• Bagaimana penulis membuka dan mengakhiri tulisannya?
Buku fiksi
Langkah untuk dapat menilai buku fiksi adalah dengan membaca buku yang akan dinilai. Saat membaca, jawablah pertanyaan berikut:
• Bagaimana judul dan tema dikembangkan? Apakah ada keunikan?
• Bagaimana pengarang mengembangkan latar cerita?
• Bagaimana pengarang mengembangkan tokoh dan watak tokoh?
• Bagaimana pilihan kata yang digunakan pengarang?
• Apakah kalimat-kalimatnya memiliki keunikan dan kekuatan untuk membangun cerita?
• Tokoh mana yang paling kamu sukai dan mengapa?

Berikut ini beberapa contoh mengomentari Isi buku Non Fiksi dan Fiksi

1. Contoh Mengomentari Buku Non Fiksi Teknik Seni Bermain Gitar
Judul Buku : Teknik Seni Bermain Gitar
Penulis : Famoya
Tebal Buku : 80 halaman
Penerbit : Terbit Terang, Surabaya
Tahun Terbit : 1999
Contoh Mengomentari Buku Non Fiksi Teknik Seni Bermain Gitar

Ringkasan Buku Non Fiksi Teknik Seni Bermain Gitar
Teknik Seni Bermain Gitar ini merupakan sebuah buku yang menjelaskan tutorial mudah bermain gitar. Dalam salah satu babnya, yaitu pada bab “body gitar”, menjelaskan bagaimana cara memilih gitar. Lalu pada “bab accord dan kunci nada”, memberikan sugesti bahwa akan mampu membedakan jenis nada tanpa melihat accord nada tertentu.

Gitar adalah sebuah alat musik modern, sebutan untuk pemain gitar yaitu “Gitaris”. Keinginan hati menjadi seorang gitaris muncul alami yang menciptakan kreasi melimpah tidak kenal waktu. Mungkin sejenis akademi cuma sebatas formalitas belaka.

Gitar merupakan alar musik modern yang memiliki bentuk seperti tubuh wanita dan menghasilkan melodi yang indah yang berasal dari petikan senarnya. Bentuk bodi gitar berpengaruh pada kualitas suara gitar.

Dalam memainkan gitar, tidak hanya berpacu pada teori nada mayor dan minor, tapi juga dengan ketajaman felling dan meyetem senar gitar. Selain itu, untuk menghasilkan melodi indah tidak bisa hanya asal petik, namun menggunakan nada dasar pada accord dan menentukan kunci nada.

Kunci nada pada sebuah lagu harus sinkron dengan kemampuan suara penyanyi. Dengan begitu lagu yang dinyanyikan akan terdengar indah.

Komentar untuk isi Buku Non Fiksi Teknik Seni Bermain Gitar
Judul buku Teknik Seni bermain Gitar. pembahasan Buku sekitar tentang Cara atau teknik Bermain Gitar yang Benar. Buku dikemas dengan apik dan menarik. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan cocok untuk para kalangan anak muda. Disertai juga dengan kaidah EYD. Sampul buku juga sesuai dengan isi bukunya. buku ini lebih mengesankan karena Penulis melengkapinya dengan gambar kunci nada dengan tabel accordnya.

2 Contoh Mengomentari isi Buku Non Fiksi 24 Jam Jagoan Nulis Cerpen. 
Judul : 24 Jam Jagoan Nulis Cerpen
Penulis : Dunatus A Nugroho
Penerbit : Cinta
Cetakan : 1, 2006
Tebal : 160 Halaman
Mau Lihat isi buku silahkan lihat disini (Lihat)
Contoh Mengomentari isi Buku Non Fiksi 24 Jam Jagoan Nulis Cerpen.

Daftar Isi :
24 Tahun yang Lalu/ Sebuah Pengakuan
1. Sebelum Menulis
2. Mulai Menulis
3. Setelah Menulis
Bonus Pulpen Keren
Alamat Redaksi Majalah, Tabloid dan Surat Kabar

Penggalan Ringkasan Isi Buku 24 Jam Jagoan Nulis Cerpen
Mau nulis cerpen aja ribet amat, sih?! Nggak usah ikutan training berhari-hari atau mikir berminggu-minggu! Kamu tinggal gebet buku ini, lalu ikut langkah-langkah yang disajikan dengan cermat. Dijamin, dalam tempo 24 jam, kamu bakal jagoan nulis cerpen!

Komentar atas isi Buku Non Fiksi 24 Jam Jagoan Nulis Cerpen
Menurut saya isi buku ini sangat menarik walaupun genre buku adalah buku non fiksi namun buku ini dibuat oleh penulis seperti mirip buku fiksi yang setiap bab bab untuk penjelasanya dialur ceritan mirip seperti buku fiksi, setiap bab penulis menjelaskan dengan lengkap dan terbagi-bagi lagi menjadi sub bab yang sangat detail dan mudah dipahami, buku ini sangat menarik karena penulis tidak seperti biasanya atau umumnya penulis buku non fiksi yang menggunakan kata atau bahasa baku dan sesuai EYD namun isi buku non Fiksi dengan Judul 24 Jam Jagoan Nulis Cerpen ini justru mengguanakan bahasa sehari-hari remaja atau bahasa gaul sehingga sangat mudah dipahami oleh para remaja yang notebene akan atau sedang ingin membuat sebuah tulisan atau karya yang berupa cerpen.didalam pembahasan penulis atau editor juga melengkapi dengan gambar ilustrasi berupa gambar kartun sesuai dengan isi perbabnya, sehingga kita membaca buku ini tidak jenuh dengan tampilannya. buku ini ditulis secara sistematik karena kita dapat dengan mudah mengikuti alur dalam proses membuat karya tulis berupa Cerpen. untuk mengawali isi buku penulis memberikan sebuah riwayat perjalannya dalam membuat cerpen ini juga menjadi sisi menarik bagi kita untuk sebgai motivasi dalam membuat cerpen sesuai dengan bukunya, dan penulis mengakhiri buku ini dengan memberi Pulpen alias kumpulan-kumpulan cerpen.

3. Contoh Mengomentari Isi Buku Fiksi Tentang Kamu
Judul Buku: Tentang Kamu
Penulis: Tere Liye
Tebal Buku: 524 halaman
Penerbit: Republika Penerbit, Jakarta
Tahun Terbit: Oktober 2016
Contoh Mengomentari Isi Buku Fiksi Tentang Kamu

Sinopsis

Tentang Kamu, merupakan novel karya Tere Liye. Novel tersebut menceritakan kisah hidup wanita dari keluarga miskin yang tinggal di Pulau Bungin, Kepulauan Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Wanita itu adalah Sri Ningsih.

Perjalanan dimulai dari Zaman yang datang ke tempat Sri Ningsih kecil. Zaman menceritakan masa kecil Sri Ningsih yang tinggal bersama ibu tirinya. Bapaknya melaut tidak pulang-pulang sehingga ibu tirinya menjadi galak dan sering memukuli Sri Ningsih. Suatu hari terjadi kebakaran yang membuat ibu tirinya meninggal. Ia dan adiknya tinggal di pondok pesantren di Surakarta.

Sri Ningsih adalah wanita pekerja keras. Ia pernah menjadi pedagang kaki lima, membuka rental mobil hingga membuka pabrik sabun sendiri di Jakarta. Lalu, Ia memutuskan untuk ke London. Perjalanan hidupnya berakhir di Paris. Ia tinggal di panti jompo sebelum meninggal. Ia meninggalkkan surat wasiat yang unik sehingga jejak hidupnya dapat ditelusuri oleh Zaman.

Mengomentari Isi Buku Fiksi tentang kamu
Buku Novel dengan Judul Tentang Kamu dengan Penulis Tere liye ini sangat menarik untuk dibaca. Tentang Kamu merupakan buku ke-26 yang ditulis oleh salah satu pakar fiksi yang karya-karyanya banyak digemari pembaca buku. Penulis multitalenta ini seakan terus memanjakan pembacaanya dengan kehadiran buku bergenre biografi.  Ini bukan novel romance, melainkan novel biografi yang menceritakan karakter utamanya Sri Ningsih, kisah perjalanan hidupnya mulai kecil hingga tutup usia. Buku setebal 524 halaman ini lembar-demi lembarnya penuh kejutan,Penulis(Tere liye) menggambarkan Alur dan Plot yang sangat detail dan seolah-olah nyata. Latar dari cerita ini digambarkan dari sebuah desa hingga kota-kota dan hingga keluar negeri dengan gambaran yang detail sehingga kita dapat membayangkan tempatnya dengan nyata. pengembangan alur cerita yang dibuat sangatlah epik dari perjalan tokoh cerita dari masa kecil hingga akhir hayatnya, yang menarik cerita ini merupakan fiksi yang setengah nyata yang berbentuk sebuah fiksi romansa namun dibuat seperti biografi seorang tokoh. banyak manfaat membaca fiksi Tentang kamu ini, karena fiksi ini banyak mengandung nilai-nilai kehidupan yang nyata untuk kita pelajari.

Demikianlah mengenai Contoh dan Jawaban Soal Mengomentari Buku Fiksi dan Non Fiksi, semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar