-->

Contoh Soal dan jawaban Ciri ciri Teks Eksplanasi

Judul materi : Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
Materi Kelas : Delapan (8)
Tema Materi : Teks Eksplanasi
Ringkasan Materi : CContoh Soal dan jawaban Ciri ciri Teks Eksplanasi terdapat dalam buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013. soal berada pada halaman 132. Adapun jawaban soal tersebut adalah jawaban alternatif dari Admin yang diperuntukan sebagai bahan evaluasi adik-adik setelah mengerjakan soal tersebut sendiri, namun sekiranya adik-adik agar lebih paham Soal Contoh Soal dan jawaban Ciri ciri Teks Eksplanasi di kegiatan 5.2, maka dari itu contoh soal dan jawaban ini sangat berguna untuk adik-adik pelajari. berikut contoh soal dan jawabannya :
Contoh Soal dan jawaban Ciri ciri Teks Eksplanasi

Kegiatan 5.2
A. Jawablah pertanyaan berikut!
1. Bagaimana ciri umum dari teks eksplanasi?
2. Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?
3. Apa fungsi fakta dalam teks eksplanasi?


B. 1. Bacalah cuplikan-cuplikan teks di bawah ini!
2. Tentukanlah cuplikan yang berkategori teks eksplanasi bersama temanmu!
3. Jelaskan pula alasan-alasannya!
a. Ketika liburan, aku tidak bepergian jauh, misalnya dengan berwisata ataupun berkunjung ke rumah saudara yang ada di desa. Aku tidak senang bepergian ke tempat yang terlalu jauh. Bepergian jauh itu buang-buang waktu dan tenaga saja. Karena itu, aku hanya berjalan-jalan ke toko untuk berbelanja ataupun bermain ke rumah teman yang masih satu kompleks.

b. Di alam karbon dioksida mengalami siklus yang dikenal dengan siklus karbon. Siklus karbon dimulai dengan dilepaskannya CO2 oleh berbagai macam sumber seperti pengilangan minyak bumi, asap pabrik dan kendaraan bermotor, peristiwa alam seperti gunung meletus, organisme di laut, aktivitas manusia, hewan dan tumbuhan. Hanya sebagian dari CO2 yang dilepas ke udara ini dapat diserap oleh hutan, tanah, dan laut.

c. Persediaan darah di PMI selalu kurang. Pasien-pasien biasanya kehilangan banyak darah karena kecelakaan, melahirkan, dioperasi, atau karena penyakit berat lainnya. Lebih-lebih pada daerah yang mengalami bencana besar, diperlukan persediaan darah yang banyak.Sementara itu, lebih banyak orang yang perlu darah dibanding yang menyumbang. Orang yang memerlukan darah juga harus dipastikan menerima darah yang baik karena terkadang ditemukan juga darah yang tak bisa dipakai.

Jawaban :
Bagian A
1. Ciri umum dari teks eksplanasi adalah berisi penjelasan yang didasarkan pada fakta. Fakta-fakta tersebut dirangkai sedemikian rupa dengan pola kronologis dan kausalitas.
2. Yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah hubungan SEBAB-AKIBAT, dalam artian penjelasan dalam teks mengurai penyebab suatu fenomena dan akibat yang muncul.
3. Fungsi fakta dalam teks eksplanasi adalah untuk menjelaskan bagaimana suatu fenomena terjadi, apa penyebabnya dan apa akibatnya secara runut atau kronologis.

Bagian B

Teks Jawaban Alasan
Ya Bukan
a. Bukan karena tidak memaparkan suatu fenomena atau proses terjadinya sesuatu. Cuplikan ini merupakan bagian dari teks narasi yang menceritakan tentang kegiatannya ketika liburan.
b. Ya karena memaparkan proses siklus karbon.
c. Ya karena memaparkan suatu fenomena persediaan darah di PMI dengan menggunakan kalimat fakta di dalamnya.

Jawaban Soal Bab 5 Lainnnya :

Jawaban Bab 5 Kelas 8
Demikianlah jawaban tentang Contoh Soal dan jawaban Ciri ciri Teks Eksplanasi. semoga bermanfaat dan jadikan jawaban ini sebagai bahan evaluasi kalian dalam mengerjakan soal tersebut jangan hanya dijadikan bahan contekan.
LihatTutupKomentar