-->

Contoh dan Jawaban Soal Menyimpulkan Gagasan Pokok Teks Hasil Observasi

Judul materi : Menyimpulkan Gagasan Pokok Teks Hasil Observasi
Materi Kelas : Kelas 7 Semester 1
Tema Materi : menyibak ilmu dalam laporan hasil observasi (Bab 4)
Contoh dan Jawaban Soal Menyimpulkan Gagasan Pokok Teks Hasil Observasi

Ringkasan Materi :
Contoh dan Jawaban Soal Menyimpulkan Gagasan Pokok Teks Hasil Observasi adalah soal yang berada di halaman 138 buku paket bahasa indonesia kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 di bab 4 tentang Menyimpulkan Gagasan Pokok Teks Hasil Observasi, adapun Jawaban soal merupakan reverensi dari jawaban admin yaitu kkaktri yang dipergunakan sebagai bahan Evaluasi adik-adik kelas 7 setelah mengerjakan soal yang ada di halaman 138 tersebut. jawaban ini jangan dijadikan hanya bahan contekan saja tetapi kkaktri lebih menekankan agar jawaban yg ada di blog ini dijadikan bahan evaluasi setelah adik adik mencoba menyelesaikan soal tersebut.

Teks 1 (Hutan Bakau) paragraf 2:

Hutan bakau disebut juga dengan hutan mangrove. Hutan bakau  merupakan bagian dari ekosistem pantai. Hutan bakau adalah hutan yang  tumbuh di atas rawa-rawa berair payau dan terletak di garis pantai. Hutan  bakau merupakan hutan yang tumbuh di wilayah pasang dan surut. Hutan  bakau ini termasuk lingkup ekosistem pantai sebab terletak di kawasan  perbatasan laut dan darat.

Teks 2 (Museum) paragraf 2:

Fungsi museum yang utama adalah menyimpan, merawat, mengamankan,  dan memanfaatkan koleksi museum berupa benda cagar budaya. Dengan  demikian, museum memiliki fungsi besar yaitu sebagai tempat pelestarian.  Secara lebih rinci fungsi museum mencakup kegiatan penyimpanan,  perawatan, dan pengamanan.


Teks 2 (Museum) paragraf 3:

Museum dibedakan berdasarkan koleksi dan kedudukannya. Jenis  museum berdasarkan koleksi yang dimiliki dibedakan menjadi dua jenis  yaitu museum umum dan museum khusus. Museum Umum adalah  museum yang koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia  dan atau lingkungannya yang berkaitan dengan berbagai cabang seni, disiplin ilmu, dan teknologi. Sementara Museum Khusus adalah museum  yang koleksinya terdiri atas kumpulan bukti material manusia atau lingkungannya yang berkaitan dengan satu cabang seni, satu cabang ilmu,  atau satu cabang teknologi

Teks 3 (Manggis) paragraf 3:

Manggis juga memiliki ciri khusus pada bunganya. Bunga manggis disebut  bunga berumah dua. Pada pohon manggis bunga betina yang dijumpai,  sedangkan bunga jantan tidak berkembang sempurna. Bunga jantan  tumbuh kecil kemudian mengering dan tidak dapat berfungsi lagi. Oleh  karena itu, buah manggis dihasilkan tanpa penyerbukan. Bunga manggis  termasuk bunga sendiri atau berpasangan di ujung ranting, bergagang,  dan pendek tebal. Bunga manggis berdiameter 5,5 cm. Daun kelopak  dua  pasang, daun mahkota dua pasang, tebal dan berdaging, berwarna  hijau-kuning dengan pinggir kemerah-merahan. Benang sari semu dan  biasanya banyak. Bakal buah manggis bertangkai berbentuk agak bulat  dan beruang empat. Kepala putik tidak bertangkai dan bercuping. Buah  manggis berbentuk bulat atau elips. Warna buah merah tua kehitaman  dengan bagian dalam putih. Berat buah bervariasi antara 75-150 gram.  Buahnya mempunyai 4-8 segmen dan setiap segmen mengandung satu  bakal biji diselimuti oleh aril (salut biji) berwarna putih empuk dan  mengandung sari buah.

Teks 2 (Museum) paragraf 4: (tidak ada, karena teks Museum hanya terdiri dari 3 paragraf)

Teks 3 (Manggis) paragraf 4:

Buah manggis memiliki beberapa manfaat. Di kalangan masyarakat  tradisional sendiri, buah manggis dipercaya bisa menyembuhkan beberapa  penyakit seperti sariawan, disentri, amandel, abses, dengan kemampuan  anti peradangan atau anti inflamasi. Hasil penelitian ilmiah menyebutkan  bahwa kulit buah manggis sangat kaya akan anti oksidan, terutama  xanthone, tanin, asam fenolat maupun antosianin. Dalam kulit buah  Manggis juga mengandung air sebanyak 62,05%, lemak 0,63%, protein  0,71%, dan juga karbohidrat sebanyak 35,61%.

setelah membaca cara menentukan gagasan utama tersebut, bacalah kembali teks laporan hasil observasi di atas, carilah kalimat utama dan gagasan pokok sesuai yang diperintahkan !

Teks Kalimat Utama Gagasan Utama
Teks 1
Paragraf 2
Hutan bakau merupakan bagian dari ekosistem pantai. Hutan bakau bagian dari ekosistem pantai.
Teks 2
Paragraf 2
Secara lebih rinci fungsi museum mencakup kegiatan penyimpanan, perawatan, dan pengamanan. Fungsi museum.
Teks 2
Paragraf 3
Museum dibedakan berdasarkan koleksi dan kedudukannya. Pembagian museum.
Teks 3
Paragraf 3
Manggis juga memiliki ciri khusus pada bunganya. Ciri khusus bunga manggis.
Teks 2
Paragraf 4
tidak ada, karena teks Museum hanya terdiri dari 3 paragraf) tidak ada, karena teks Museum hanya terdiri dari 3 paragraf)
Teks 3
Paragraf 4
Buah manggis memiliki beberapa manfaat. Manfaat buah manggis.

Demikianlah Contoh dan Jawaban Soal Menyimpulkan Gagasan Pokok Teks Hasil Observasi. Semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar