-->

Contoh dan Jawaban Soal Laporan Membaca Buku Kumpulan Cerpen

Judul materi : Laporan Membaca Buku Kumpulan Cerpen
Materi Kelas : Kelas 9 Bab 3 Semester 1
Tema Materi : Menyusun Cerita Pendek
Ringkasan Materi :Contoh dan Jawaban Soal Laporan Membaca Buku Kumpulan Cerpen diambil dari buku paket kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018. soal diambil dari buku paket kelas 9 halaman 86. Adapun Jawaban yang ada di blog ini adalah jawaban admin yang sengaja di share hanya untuk bahan evaluasi adik-adik dalam mengerjakan soal pada halaman 86 yang isinya tentang Laporan Membaca Buku Kumpulan Cerpen jawaban ini dijadikan sebagai EVALUASI jangan dijadikan hanya bahan contekan saja.
Contoh dan Jawaban Soal Laporan Membaca Buku Kumpulan Cerpen


Sekilan Info :
Cerpen merupakan cerita yang ditulis dengan kurang dari 10.000 kata, menggunakan alur tunggal, dan memakai satu tokoh atau peristiwa sebagai fokus cerita. Meski begitu, cerpen masih dapat memperoleh tempat di hati para penikmat sastra Indonesia, terlebih karena kemampuan cerita ini dalam menyajikan cerita dengan sangat menarik.

Selain bentuk Laporan, sertakan jawaban dari pertanyaan berikut :

1.cerpen apakah yg menarik buatmu,mengapa?

Jawaban:

Bagi saya, cerpen yang cukup menarik adalah Pohon Keramat karya Yus R. Ismail yang versi desa Kalidoso. Cerpen ini cukup menarik bagi saya karena mengusung topik kondisi masyarakat yang cukup aktual yakni masyarakat yang masih percaya hal takhayul, korupsi pembangunan, serta keengganan pemerintah kala itu untuk melakukan pembangunan di daerah sebelum warganya bergabung dengan partai penguasa.

2.tokoh mana yg kamu sukai,mengapa kamu menyukainya?siapa pula tokoh yg tidak suka,mengapa?

Jawaban:

Saya menyukai tokoh Pak Lurah dan Pak Camat. Meskipun keduanya hanya disebutkan satu kali, namun mereka cukup mengesankan. Hal ini karena mereka mendukung pembangunan di desa itu. Ini adalah ciri pemimpin yang berorientasi pada rakyat.

Adapun tokoh yang tidak saya suka adalah Pak Thohir yang tidak mau bertanggung jawab atas kerusakan fasilitas umum yang baru berumur satu tahun di desa tersebut, meskipun ia dan para pemborongnya yang membangun fasilitas tersebut.

3.adakah kalimat atau ungkpan cerpen yang mengesankan buatmu,apa itu?apa makna bagimu?

Jawaban:

Bagi saya, kalimat ini cukup mengesankan: Seperti oase, karena hanya desa itulah yang rimbun dengan berbagai tanaman tahunan, terutama buah-buahan seperti mangga, jambu, nangka, belimbing, dan paling banyak tumbuh pohon melinjo yang menjadi bahan baku kerajinan emping melinjo di daerah itu.

Hal ini karena kalimat ini memberikan gambaran yang tepat tentang keindahan desa di Indonesia. Keindahan inilah yang harus kita lestarikan.

4.tulis rekomendasi kepada temanmu:teman,harus kamu menbaca cerpen ini.bagus sekali karna

Jawaban:

Saya merekomendasikan cerpen ini kepada teman sekalian karena cerpen ini bisa membantu kita untuk memahami keadaan masyarakat yang terjadi di masa lalu ketika tak semua masyarakat bisa mendapat pelayanan dan pembangunan yang adil dan setara dari pemerintah. Banyak daerah yang diabaikan sehingga tak sedikit masyarakat yang beralih mempercayai hal takhayul. Keadaan masyarakat kala itu begitu sulit. Jika ingin mendapat layanan dan pembangunan dari masyarakat, penulis menggambarkan bahwa masyarakat harus bergabung dengan partai pemerintah.

Demikianlah Contoh dan Jawaban Soal Laporan Membaca Buku Kumpulan Cerpen. semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar