-->

Contoh dan Jawaban Soal Tugas 1 Teks Prosedur Mematikan Komputer dengan Benar

Judul materi : Mengidentifikasi Bahasa Teks Prosedur
Materi Kelas : Kelas 7 Semester 1
Tema Materi : Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur (Bab 3 )
Mematikan Komputer dengan Benar

Ringkasan Materi :
Contoh dan Jawaban Soal Mengidentifikasi Bahasa Teks Prosedur adalah soal yang berada di halaman 87-88 buku paket bahsa indonesia kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 di bab 3 tentang Mewariskan Budaya Melalui Teks Prosedur, adapun Jawaban soal merupakan reverensi dari jawaban admin yaitu kkaktri yang dipergunakan sebagai bahan Evaluasi adik-adik kelas 7 setelah mengerjakan soal yang ada di halaman 87-88 tersebut. jawaban ini jangan dijadikan hanya bahan contekan saja tetapi kkaktri lebih menekankan agar jawaban yg ada di blog ini dijadikan bahan evaluasi setelah adik adik mencoba menyelesai soal tersebut.

Tugas 1
Mematikan Komputer dengan Benar
Perlu belajar mematikan komputer secara benar sehingga tidak cepat rusak dan berdampak negatif. Untuk mematikan komputer ada beberapa tahap yang harus diperhatikan.
  1. Tutup semua aplikasi yang Anda gunakan.
  2. Klik menu Start (XP)/ Logo Windows (7) di pojok kiri bawah.
  3. Pilih Shutdown dan tunggu beberapa saat hingga komputer Anda benar-benar mati.
  4. Setelah komputer benar-benar mati, kemudian tekan tombol pada monitor dan speaker, stabilizer dan perangkat komputer lainnya.
  5. Setelah itu baru cabut kabel dari stop kontak. Hal ini bertujuan untuk menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korsleting listrik.
Selamat mematikan komputer secara benar.
  1. Apakah teks tersebut dapat dikelompokkan sebagai teks prosedur? Ya karena berisi langkah-langkah mematikan komputer dengan benar.
  2. Tunjukkan bukti dari segi isi dan tujuannya bahwa teks tersebut merupakan teks prosedur! Dari segi isi teks tersebut berisi cara mematikan komputer dengan benar dan dari segi tujuannya teks tersebut menjelaskan cara menghemat daya dan mengantisipasi terjadinya korseleting listrik.
  3. Tunjukkan kalimat/ kata mana yang menunjukkan ciri teks deskriptif ! Setelah komputer benar benar mati, kemudian tekan tombol monitor dan speaker,stabilizer,dan perangkat komputer lainnya.
  4. Tunjukkan bukti dan alasan dari jawaban yang kamu kemukakan!

Tugas 2
  1. Tunjukkan bukti dari segi isi dan tujuannya bahwa teks 1, 2, dan 3 merupakan teks prosedur! Teks 1 berisi cara memainkan angklung, teks 2 berisi cara membuat obat tradisional, dan teks 3 berisi cara melakukan gerak tari Tor-tor. Dari segi tujuannya Teks 1 agar angklung dapat digetarkan dengan baik dan maksimal, teks 2 agar kandungan obat tidak hilang, dan teks 3 agar gerakan tari Tor-tor dilakukan dengan benar.
  2. Tunjukkan kalimat/ kata mana yang menunjukkan ciri teks prosedur! Kalimat perintah.
  3. Tunjukkan bukti dan alasan dari jawaban yang kamu kemukakan!

LihatTutupKomentar