-->

Soal dan jawaban gagasan dan fakta dalam teks eksposisi

Judul materi : Gagasan dan fakta dalam teks eksposisi
Materi Kelas : VIII (delapan) Semester 1
Tema Materi : Mengenal Eksposisi
Soal dan jawaban gagasan dan fakta dalam teks eksposisi

Ringkasan Materi : Soal dan jawaban  gagasan dan fakta dalam teks eksposisi ada didalam soal buku bahasa indonesia paket bahasa indonesia kelas 8 tepatnya dihalaman 63 . soal ini adalah lanjutan dari soal sebelumnya yaitu mengenali unsur unsur teks eksposisi yang terdiri darisoal uraian di bagian B yaitu tentang memperhatikan teks eksposisi dan membuktikan bahwa itu teks eksposisi

B. 1. Perhatikanlah ketiga teks berikut!

a.Bagi kami,komunikasi menjadi sarana cukup penting. Dengan komunikasi , kami bisa mengungkapkan gagasan kepada orang lain. Dengan Komunikasi yang lancar, segala
hal yang berkaitan dengan pengetahuan akan cepat tersebar. demikian pula dengan keterampilan berbahasa, hubungan sosial tercipta.

b.Salah satu penyebab terjadinya untuk rasa karena ketidak percayaan mereka terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak menemukan sarana pelampiasan atas ketidakpuasan yang dirasakannya. Tekanan amarah yang tidak menemukan celah untuk keluar akhirnya menjadi amuk masa. Hal - hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme masa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan.Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.

c.Menabung di bank syariah banyak positifnya. Uang yang disimpan menjadi lebih aman. Semakin lama, uang yang ditabung bertambah nilainya. Apabila ingin belanja, uang tabungan tidak perlu diambil ke bank, cukup dengan memakai ATM. Yang paling penting, pemilik uang, tidak akan kehilangan uangnya


2.Buktikan bahwa ketiga cuplikan itu merupakan bagian dari teks eksposisi bersama kelompokmu!!


Teks Pembuktian
a Teks di atas termasuk dalam teks eksposisi karena mengemukan pendapat dan fakta-fakta. Gagasan teks di atas berupa komentar, yaitu komunikasi menjadi sarana yang cukup penting. Fakta yang diungkapkan adalah dengan komunikasi, dapat mengungkapkan gagasan kepada orang lain, pengetahuan akan cepat tersebar, dan dengan keterampilan berbahasa dapat menciptakan hubungan sosial.
b teks di atas termasuk dalam teks eksposisi karena mengemukakan pendapat mengenai penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Fakta yang diungkapkan adalah sebab akibat dari unjuk rasa itu, yaitu para pengunjuk rasa tidak menemukan sarana pelampiasan atas ketidakpuasan yang dirasakannya, tekanan amarah yang menyebabkan amuk massa, unjuk rasa yang berujung pada anarkisme.
c teks di atas termasuk dalam teks eksposisi karena mengemukakan penilaian mengenai segi positif menabung di Bank Syariah. Alasan-alasan yang dikemukakan adalah uang yang disimpan lebih aman, bertambahnya nilai uang, untuk berbelanja dapat menggunakan ATM.

Demikianlah Soal dan Jawaban Gagasan dan fakta dalam teks eksposisi.semoga bermanafaat
LihatTutupKomentar