-->

Contoh dan jawaban Soal Pola Pola Pengembangan Teks Eksposisi

Judul materi : Pola Pola Pengembangan Teks Eksposisi
Materi Kelas : Kelas 8 (VIII)
Tema Materi : Mengenal Teks Eksposisi

Contoh dan Jawaban Soal Pola Pengembangan Teks Eksposisi

Ringkasan Materi :
Contoh dan jawaban Soal Pola Pola Pengembangan Teks Eksposisi terdapat dalam kegiatan 3.2 yang ada dibuku paket bahsa indonesia kelas 8 halaman 64 -66. soal ini berkaitan mengenai yang mana yang etrmasuk paragaraf eksposisi dan yang mana yang bukan paragraf eksposisi.

kegiatan 3.2 A 
A.  Teks manakah yang merupakan bagian dari teks eksposisi ? Diskusikan pula alasan -alasannya!

1. Setelah dituang dari tabung bambu, cairan manis (nira) tersebut disaring; ditampung dalam tempayan lalu direbus sampai mendidih. Dalam waktu lebih kurang dua jam, cairan tersebut akan mengental dan berwarna cokelat. Selanjutnya diturunkan dan diaduk dengan posisi miring agar menjadi dingin. lebih kurang dua puluh menit, cairan gula merah tersebut siap dicetak, sesuai dengan bentuk yang diinginkan.

2. Ada dua macam sarana pendidikan, yaitu pendidikan formal dan pendidikan nonformal. Pendidikan formal memiliki standar kuikulum yang sudah ditentukan oleh Pemerintah, seperti SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK dan sejenisnya. Pendidikan nonformal yang lebih dikenal dengan pendidikan luar sekolah, seperti kursus-kursus, biasanya menyusun kurikulum sendiri sesuai dengan kebutuhan dan kebijakan lembaga yang bersangkutan.

3. Pada momentum Hari Pahlawan  ini, kami mengimbau para pejabat di jajaran pemerintahan, temrasuk BUMN/BUMD, pimpinan DPR dan MPR, serta seluruh anggota dewan agar kembali ke fitrah. Ingatlah perjuangan dan cita--cita para pahlawan kusuma bangsa. Mari, kita berjuang untuk memakmurkan rakyat. Untuk itu, bekerjalah dengan keras, profesional, dan bertanggungjawab.

4. Dua hari berturut-turut hujan deras mengguyur Ibu Kota Jakarta. Saluran air di mana-mana tidak lancar. Penduduk yang tidak bertanggungjawab membuang sampah di sungai-sungai. Sampah-sampah memenuhi susngai-sungai sehingga tersumbat. Resapan air di daerah yang telah ditentukan kini telah berubah fungsinya sebagai tempat hiburan. Gedung-gedung berdiri kukuh di sana.

5. Salah satu penyebab terjadinya unjuk rasa karena ketidakpercayaan terhadap pelaksanaan berbagai aturan. Para pengunjuk rasa tidak dapat melampiaskan rasa ketidakpuasan itu. Tekanan amarah yang tersalurkan akhirnya menjadi amuk massa. Hal-hal tersebut mengakibatkan berbagai unjuk rasa sering berujung pada anarkisme massa jika aspirasi mereka tidak tersalurkan. Mereka ingin reaksi mereka diperhatikan.


Teks Eksposisi bagian eksposisi Alasan
1 Bukan Teks prosedur karena menjabarkan langkah-langkah membuat gula aren.
2 Bukan Teks deskripsi karena menjabarkan ciri-ciri dari dua sistem pendidikan di Indonesia yaitu pendidikan formal dan nonformal.
3 Bukan Teks persuasi karena mengandung ajakan untuk berbuat sesuatu yakni bekerja dengan keras, profesional, dan bertanggungjawab.
4 Ya Kalimat 1 (Akibat)  dan kalimat 2, 2,3 (Penyebab) Teks eksposisi karena menjabarkan ilmu pengetahuan tentang penyebab banjir disertai argumen tentang perilaku masyarakat Ibu Kota.
5 Ya Kalimat 1 (Penyebab) Kalimat 4 (Akibat) Teks eksposisi karena menjabarkan kenapa dan bagaimana anarkisme massa dapat terjadi.

Demikianlah Contoh dan jawaban Soal Pola Pola Pengembangan Teks Eksposisi. Semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar