-->

Contoh dan Jawaban Soal Menentukan Tokoh,Latar dan Urutan Peristiwa Cerita Fantasi 2

Judul materi : Menentukan tokoh, Latar dan Urutan Peristiwa Cerita Fantasi 2
Materi Kelas : Tujuh 7
Tema Materi : Cerita Fantasi
KJ jawaban Cerita Fantasi 2 Berlian Tiga Warna

Ringkasan Materi : Contoh dan Jawaban Soal Menentukan tokoh, Latar dan Urutan Peristiwa Cerita Fantasi 2, Cerita fantasi Berlian Tiga Warna, adalah soal yang berada di halaman 58 buku paket bahsa indonesia kelas 7 mengenai cerita fantasi. adapun jawaban yg terdapat di blog ini merupakan jawaban admin yang direferensikan untuk kalian yang ingin mengevaluasi hasil belajar kalian.

Cerita Fantasi : Berlian Tiga warna
Anika menemukan 3 kotak berwarna ungu, biru dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada 3 sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan hanya 1 jam. Anika menyukai warna ungu. Tamika teman dekat anika, menyukai warna biru dan cika menyukai warna kuning.
“saya ingin mencoba petualangan indah itu bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu.” Anika meyakinkan ibunya. Dengan kesepakatan, ke 3 sahabat itu berkumpul di rumah anika. Pada minggu pukul 6 tepat mereka semua masuk ke kamar. Anika yang serba biru serasa di kamarnya ada di langit.
“ayo kita buka kotak masing- masing sesuai dengan warna kesukaan. Sekarang kita buka satu..dua..tiga!!!”
“wawwww” lima detik kemudian mereka terlempar di gerbang sebuah kerajaan. Mereka terkejut karena di hadapannya berdiri seorang ratu yang seluruh tubuhnya di hiasi berlian.
“selamat datang di negri kami, peramal kerajaan mengatakan bahwa akan datang 3 anak yang akan menyelamatkan  putri kami. Saya mempunyai anak yang bernama candi. Dia tertidur sejak 2 tahun yang lalu. Di karnakan memakai 3 kalung berlian sekaligus.” Setetes air matapun jatuh dari wajah sang ratu. “tolong selamatkan putriku.”
“taaapi..” cika dan tanika memprotes bersamaan karena mereka berdua membayangkan akan bersenang – senang dalam petualangannya.
“cika, tanika ayo kita tolong putri, mereka sedang menghadapi masalah”. Anika mantap menjawab sambil menarik dengan paksa ke 2 tangan sahabatnya yang masih ragu.
“itu putri candi.” Anika berlari menuju tempar tidur putri candi dengan ragu. Tamika dan cika pun ikut mendekat.
“ayo kita ambil sesuai warna” anika menjelaskan.” Baik”jawab tanika dan cika serempak. Setelah itu..”oaiiiii” pptri candi menguap dan pelan –pelan matanya terbuka.
“oh terima kasih!! Terima kasih! Sebagai hadiahnya ambil ini” ratu memeluk ke 3 gadis itu lalu memberikan tas yang lumayan besar.” Terimahlah ini sebagai ungkapan terima kasih kami.” Ratu berucap penuh haru. Dengan cepat tanika dan cika menyaut tas yang di berikan ratu. Tapi mereka berdua  tidak kuat mengangkat tas itu. “waktu kita tinggal 15 menit lagi, kita harus segera pergi.”anika berteriak. “tapi tas berisi berlian ini tidak bisa kita bawa “ kata tanika dan cika hampir bersamaan. “tinggalkan saja tas itu yang penting kita harus keluar dari kerajaan ini”. Tegas anika. Anika menarik tangan ke 2 sahabatnya untuk menyatukan ke 3 kotak berlian 3 warna. Dan bummmm..!! mereka terlempar kembali ke atas tempat tidur anika.”gagal total pertualangan kita karena kita meninggalkan 1 tas isi berlian itu.” Tamika  berteriak ke arah anika. “kamu menyia – nyiakan rezeki yang ada di depan kita” cika menimpali dengan keras.
anika dengan tenang memegang tangan ke 2 sahabatnya.”kita tidak gagal dan kita tidak sia – sia, kita telah berhasil menolong orang dan menyelamatkan diri sendiri. Untuk apa setumpuk berlian tapi riwayat kita tamat?” anika menggenggam erat tangan sahabatnya. Tanika dan cika menyambut erat genggaman tangan anika. Ketiga sahabat itu saling merangkul.

2. Menentukan Unsur Instrinsik Cerita
Uraikan isi cerita berikut dengan bahasa sendiri dengan menjawab pertanyaanpertanyaan di bawah ini!

a. Urutkan kejadian yang dialami Anika pada cerita tersebut?
  • Anika menemukan berlian tiga warna di kamar ibunya. 
  • Anika dan dua temannya, Tamika dan Chika, mengalami petualangan imajinatif. Mereka terdampar pada gerbang sebuah kerajaan dan bertemu seorang ratu yang seluruh tubuhnya dihiasi berlian.
  • Mereka mendapat misi untuk menyelamatkan Putri Candy yang tertidur bertahun-tahun karena memakai tiga kalung berlian sekaligus.
  • Mereka berhasil menyelamatkan putri Candy dengan mengambil berlian sesuai warna mereka masing-masing. 
  • Mereka mendapat hadiah sebuah tas besar dari Ratu. Tapi mereka tidak kuat mengangkat tas itu. Sementara mereka harus pergi dalam waktu 15 menit. 
  • Mereka memutuskan untuk pulang dan tidak mengambil tas besar itu.
  • Mereka kembali ke dunia nyata. Meski tidak mendapatkan tas besar itu, mereka tetap bersyukur karena masih dapat selamat dan saling bersahabat.
b. Bagaimana proses petualangan Anika dan teman-temannya?
Mereka terlempar ke sebuah negeri antah berantah. Mereka bertemu dengan seorang Ratu yang sedang mengalami masalah, yaitu putrinya terkena kutukan tidur selama bertahun-tahun. Mereka pun mencoba membantu sang Ratu dan sang Putri. Ratu memberi hadiah berupa berlian, namun karena waktu habis mereka tidak bisa membawa berlian tersebut.
c. Bagaimana watak tokoh yang ada pada cerita? Isilah tabel berikut!
Nama TokohWatak TokohBukti pada teks
AnikaSuka membantu tanpa pamrih dan Pemberani
  1. “Saya ingin mencoba petualangan indah itu Bu. Saya punya sahabat yang menyukai warna itu,” Anika meyakinkan ibunya.
  2. “Cika, Tamika ayo kita tolong Puteri, mereka sedang menghadapi masalah,”
Ibu AnikaBijaksanaKata ibunya jika ada 3 sahabat yang menyukai warna seperti paa kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu.'
Tamika dan CikaPemarah dan Suka menuntut
  1. Cika dan Tamika memprotes bersamaan karena mereka berdua membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya.
  2. “Tapi tas berisi berlian ini tidak bisa kita bawa,” kata Tamika dan Chika hampir bersamaan.
  3. Dengan cepat Tamika dan Chika menyahut tas yang
  4. diberikan Ratu. Tapi mereka berdua tidak kuat mengangkat tas besar itu.
  5. “Gagal total petualangan kita karena kita meninggalkan satu tas besar isi berlian itu,” Tamika berteriak ke arah Anika.

c. Pesan apa yang akan disampaikan pengarang melalui ceritanya?
Kita harus menolong dengan sepenuh hati tanpa berharap imbalan apa pun.
d. Kelompokkan kejadian mana yang mungkin terjadi di dunia nyata dan mana yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata!
Mungkin terjadi dalam dunia nyataTidak mungkin terjadi dalam dunia nyata
  1. Menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning.
  2. Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika, menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning.
  1. Terlempar ke sebuah negeri antah berantah, bertemu dengan Ratu dan Putri, 
  2. Menyelamatkan sang Putri, membawa tas besar dari negeri antah berantah.
  3. Puteri Candy tertidur sejak 2 tahun yang lalu.
e. Analisis Cerita
  1. Struktur cerita : Orientasi, komplikasi, resolusi. 
  2. Unsur instrinsik : a. latar tempat : rumah Anika dan sebuah kerajaan. b. latar waktu : Minggu pukul 6. 
  3. Tema ; persahabatan dan petualangan. 
  4. Alur cerita : alur maju 
  5. Tokoh dan penokohan tokoh utama :Anika, Tamika, Cika,  tokoh pembantu : Ibu Anika, Ratu. tokoh protagonis : Anika, ibu Anika. tokoh antagonis : Tamika, Cika. 
  6. Watak. - Anika : pemberani, suka menolong. - ibu Anika ; bijaksana. - tamika dan cika ; pemarah, suka menuntut. 
  7. Amanat: Kita harus menolong dengan sepenuh hati tanpa berharap imbalan apa pun. 
  8. Sudut pandang: sudut pandang orang ketiga 
  9. Nilai-nilai: 1) nilai moral : membantu sesama 2) nilai etika : ketika sang ratu menyambut Anika, Tamika dan Cika 3) nilai kemanusiaan : membantu tanpa berharap imbalan

3. Menceritakan Kembali secara Berantai Isi Teks!
Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Kata ibunya jika ada tiga sahabat yang menyukai warna seperti pada kotak itu akan mendapatkan petualangan indah dan sekaligus mendapatkan berlian itu. Tapi waktu yang diberikan untuk berpetualang hanya satu jam.

Anika menyukai warna ungu. Tamika, teman dekat Anika,menyukai warna biru. Dan Chika menyukai warna kuning. Mereka berkumpul di rumah Anika pada hari Minggu pukul 6 mereka semua masuk ke kamar Anika yang serba Biru. Mereka membuka kotak yang sesuai dengan warna kesukaan mereka.

Lima detik kemudian mereka terlempar di gerbang sebuah kerajaan. Mereka terkejut karena di hadapannya berdiri seorang ratu yang seluruh tubuhnya dihiasi berlian. Sang Ratu meminta mereka menyelamatkan puterinya, Candy, yang tertidur sejak dua tahun yang lalu dikarenakan ia memakai tiga kalung berlian sekaligus. Cika dan Tamika memprotes bersamaan karena mereka berdua membayangkan akan bersenang-senang dalam petualangannya. Tetapi Anika bersikeras menolong puteri, dan mereka pun menolong puteri.

Sang Ratu sangat senang dan memberikan mereka tas yang berisi berlian. Tamika dan Chika ingin membawa tas tersebut, tetapi karena waktu tinggal 15 menit, Anika meminta mereka meningggalkan tas itu dan kembali lag ke kamar Anika dengan selamat dan persahabatan mereka semakin erat.

Demikianlah soal Menentukan tokoh , latar dan Urutan Peristiwa Cerita Fantasi 2. Semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar