-->

Contoh dan Jawaban Soal Membuat Telaah Teks Cerita Fantasi dari Segi Strukturnya

Judul materi : Membuat Telaah Teks Cerita Fantasi dari Segi Strukturnya
Materi Kelas : Kelas 7 Tujuh
Tema Materi : Cerita Fantasi
KJ soal halaman 67 buku bahasa indonesia kelas 7 struktur cerita fantasi

Ringkasan Materi : Contoh dan Jawaban Soal Membuat Telaah Teks Cerita Fantasi dari Segi Strukturnya. merupakan soal yang terdapat dalam bab cerita fantasi yang ada di buku paket bahasa indonesia kelas 7 Kurikulum 2013, adapun soal ada di halaman 67 mengenai telaah teks cerita fantasi dari segi strukturnya. untuk jawaban soal yang ada di postingan ini adalah jawaban admin yang bermanfaat untuk mengevaluasi hasil kerjaan kamu dalam menjawan soal yg terdapat dalm buku paket tersebut.

D. Membuat Telaah Teks Cerita dari Segi Strukturnya
Buatlah telaah struktur teks fantasi dengan melengkapi paparan berikut!

1. Cerita Belajar dari Gajahmada
Bagian orientasi adalah pengenalan peristiwa, yaitu ketiga tiga sekawan Ardi, Handi, dan Dani sedang melakukan tugas pengamatan untuk karya ilmiah remaja di Candi Trowulan.

Bagian Komplikasi ialah ketika cerita mulai meningkat keteganngannya, yaitu ketiga tiga sekawan tersebut jatuh di sebuah lubang dan tiba-tiba bertemu dengan Gadjah Mada.

Bagian Resolusi ialah bagian akhir penyelesaian cerita, yaitu ketika tiga sekawan mendapatkan petuah dari Gadjah Mada untuk giat belajar dan mereka berjanji akan memenuhi petuah tersebut.

2. Berlian Tiga Warna
Bagian orientasi adalah pengenalan peristiwa, yaitu ketika Anika menemukan tiga kotak berwarna ungu, biru, dan kuning di kamar ibunya. Ia mengajak 2 orang temannya karena menurut ibunya, jika ada tiga orang sahabat menyukai warna itu, mereka akan mendapat petualangan indah.

Bagian komplikasi adalah ketika cerita mulai meningkat ketegangannya yaitu ketiga tiga sahabat tersebut berpetualang ke negeri khayalan dan bertemu Putri Cindy.

Bagian resolusi adalah akhir cerita, yaitu ketika mereka kembali ke dunia nyata dan menyadari bahwa yang lebih penting dari berlian ialah persahabatan mereka.

Demikianlah Contoh dan Jawaban Soal Membuat Telaah Teks Cerita Fantasi dari Segi Strukturnya. semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar