-->

Contoh Soal dan Jawaban Mengidentifikasi Karakteristik Unsur Pembangun Cerita Fantasi

Materi Kelas : Kelas 7 (Tujuh) Semester 1
Tema Materi : Memahami dan Mencipta Cerita Fantasi
Kunci jawaban halaman 47-49 bahasa indonesia kelas 7 Mengidentifikasi Karakteristik Unsur Pembangun Cerita Fantasi

Ringkasan Materi : Contoh Soal dan Jawaban Mengidentifikasi Karakteristik Unsur Pembangun Cerita Fantasi, adalah Soal yang diambil dari buku paket bahasa indonesia kelas 7 kurikulum 2013 semester 1 dalam materi Memahami dan menciptakan Cerita Fantasi, soal ada di halaman 47 -49. adapun jawaban adalah hasil pemikiran admin untuk membantu para siswa khusunya kelas 7 untuk mengevaluasi hasil belajarnya dalm menjawab soal yang terdapat di buku paket bahasa indonesia kelas 7

Amati ringkasan Novel Cerita Fantasi berikut !

Anak Rembulan (negeri Misteri di Balik Pohon Kenari) Anak Rembulan
Penulis : Djokolelono

Nono, si Anak Rembulan berangkat sendiri berlibur ke Wlingi, tempat tinggal mbah Sastro. Ia selalu suka liburan disana,karena ia bisa bersepeda keliling Wlingi dan bermandi mandi di sungai Lekso yang menyegarkan. Tak jarang juga Nono membantu Mbah Mas yang punya warung makan di Stasiun Wlingi. 
         Suatu hari, Nono ditugaskan untuk membeli tahu goreng ke Njari, ketempat Mbah Pur, kakeknya buyutnya. Ditengah perjalana, ia berhenti sejenak untuk melihat sebatang pohon kenari besar ditepi sungai Njari yang pernah diceritakan oleh Mbah Pur. 
         Menurutnya, dahulu kala ada seorang anak kecil bernama Trimo yang menghilang didalam pohon kenari itu. Trimo menghilang ketika ia sedang berlindung dari serangan Belanda. Ia lenyap begitu saja seolah olah pohon besar itu telah menelannya.
         Nono beristirahat dan  merendam kakinya di sungai Njari yang dangkal. Sepedanya diparkirkan di pohon kenari tadi. Namun, ketika ia kembali  sepeda itu tidak ada. Ia pun dikejutkan dengan kedatangan seorang anak bernama Trimo yang mengingatkannya untuk bersembunyi.
         Pohon kenari besar tadi menghilang, digantikan oleh tenda-tenda, gerobak, kuda, serta orang" dan pasukan Belanda yang tiba" berdiri menggelilinginya. Nono nyaris dihukum gantung gara" kaus Manchester United yang dikenalkan saat itu.
         Setelah, itu dia tertangkap diwarung Mbok Rimbi yang merupakan jelmaan iblis berkawan dgn kelompok semut hitam yang ternyata adalah segerombolan pencuri. Nono juga bertemu legenda Gunung Kelut, Mahesasuro dan Lembusuro, berjumpa dgn Saarce si putih Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari. Tiba tiba Nono diminta untuk memimpin perang yang disebabkan oleh kosprirasi orang orang dalam kerajaan.

Sumber Ringkasan : http://smpn52surabaya.mysch.id/berita/128220/nono-si-anak-rembulan/

Amanat berkaitan dengan nilai-nilai kehidupan yang dapat disimpulkan dari isi cerita.
TokohRangkaian Peristiwa
Nagata
  1. Nataga membagi tugas kepada seluruh panglima dan pasukannya di titik-titik yang sudah ditentukan. Mereka akan berjuang hingga titik darah penghabisan untuk membela tanah air tercinta.
  2. Nataga, pemimpin perang seluruh binatang di Tana Modo, segera melesat menyeret ekor birunya. Mendadak, ekor Nataga mengeluarkan api besar. Kepungan api semakin luas. Serigala-serigala tak berdaya menghadapi kekuatan si ekor biru. Nataga tidak memberi ampun kepada para serigala licik itu.
Nono
  1. Nono berlibur ke Wlingi, tempat tinggal Mbah Sastro. Pada saat Nono ditugaskan membeli Tahu goreng ke Njari. Di tengah perjalanan dia memarkirkan sepedanya didekat pohon kenari angker itu dan duduk di danau.
  2. Nono kaget karena dikejutkan oleh Trimo. anak yang menghilang di pohon kenari tersebut pada zaman perang belanda. Trimo memperingatkannya untuk bersembunyi
  3. Sadarlah Nono bahwa ia sedang berada di zaman Belanda. Ia pergi melihat pohon kenari itu digantikan dengan tenda tenda, gerobak, kuda, serta pasukan belanda.
  4. Nono hampir digantung dan bertemu dengan tokoh tokoh sakti . Kemudian Nono diminta untuk memimpin pasukan untuk melawan Setan Merah yang disebabkan oleh konspirasi orang orang dalam kerajaan.


Keajaiban yang dimunculkan dalam Cerita
Tulislah keajaiban tokoh dan peristiwa ajaib yang dialami tokoh pada tabel berikut !


HalTeks 1Teks 2
Keajaiban Tokoh
  1. Komodo bisa melatih anak buahnya menyerang siluman serigala
  2. Ekor nataga mampu mengeluarkan api yang besar
  3. Nataga melompat bagai kilat dan dia mengepung serigala
  1. Saarce si putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari
  2. Nono tiba-tiba berada di zaman Belanda
  3. Nono juga bertemu legenda Gunung Kelud, Mahesasuro dan Lembusuro
  4. Tiba-tiba Nono diminta untuk memimpin perang yang disebabkan oleh konspirasi orang-orang dalam kerajaan
Peristiwa Aneh
  1. Serigala tertawa mengejek binatang-binatang ketika banyak bola api yang padam sebelum mengenai tubuh mereka.
  2. Mendadak, ekor Nataga mengeluarkan api.
  1. Trimo menghilang ketika ia sedang berlindung dari serangan Belanda. Ia lenyap begitu saja, seolah-olah pohon besar itu telah menelannya.
  2. Pohon kenari besar tadi menghilang, digantikan oleh tenda-tenda, gerobak, kuda, serta orang-orang dan pasukan Belanda

Daftarlah latar apa saja yang digunakanpada cerita fantasi ?

Peristiwa yang dialami tokoh terjadi pada dua latar yaitu latar yang masih ada dalam kehidupan sehari-hari dan latar yang tidak tidak ada pada kehidupan sehari-hari. Alur dan latar cerita jenis ini memiliki kekhasan. Rangkaian peristiwa cerita menggunakan berbagai latar yang menerobos dimensi ruang dan waktu. Misalnya, tokoh Nono bisa mengalami kejadian pada beberapa latar (latar waktu liburan di Wligi, latar zaman Belanda, dan sebagainya). Jalinan peristiwa pada cerita jenis ini berpindah-pindah dari berbagai latar yang melintasi ruang dan waktu.
Latar Cerita cerita 1Latar Cerita cerita 2
Tanah ModaKota Wlingi saat ini, zaman Belanda
Diskusikan apa ciri alur dan latar pada cerita fantasi ?

LihatTutupKomentar