-->

Contoh dan jawaban Soal Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi

Judul materi : Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi
Materi Kelas : Kelas 7 (tujuh) Kurtilas
Tema Materi : Cerita Fantasi
Jawaban Soal Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi Kelas 7 halaman 52-53


Ringkasan Materi :Contoh dan jawaban Soal Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi, Contoh soal ini diambil dari buku paket Bahasa Indonesia Kelas 7 Kurikulum 2013 tepatnya ada di halaman 52 hingga 53, soal mengenai cerita fantasi. adapun jawaban yang ada di blog ini merupakan jawaban dari admin untuk bahan evaluasi para siswa kelas 7 setelah mengerjakan soal yang berada di buku paket Bahasa Indonesia Kelas 7 tersebut.

Berdasarkan latar cerita, cerita fantasi dibedakan menjadi tiga kategori yaitu latar lintas waktu masa lampau, latar waktu sezaman, latar lintas waktu futuristik ( Masa yang akan datang) . Tulislah bukti dan alasan pernyataan pada tabel berikut !

Bacalah kembali ringkasan isi cerita fantasi diatas dan isilah tabel berikut!


Teks Kategori Alasan/Bukti
Ringkasan Cerita Fantasi 1 Latar Waktu Sezaman Pada cerita Kekuatan Ekor Biru Nagata berkisah pada satu waktu atau zaman saja, yaitu pada zaman Nagata memimpin pertempuran di Tana Modo saja.
Ringkasan Cerita Fantasi 2 Latar Lintas Waktu masa kini dan masa lampau Pada cerita Anak Rembulan, dikisah Nono yang sedang berlibur di
Wlingi, tempat tinggal Mbah Sastro di masa kini, dan kemudian cerita beralih ke jaman penjajahan Belanda di masa lampau.

Cerita fantasi ada yang berisi fantasi pada semua unsur cerita (tokoh fanatsi, latar fantasi, peristiwa juga fantsi tidak terjadi pada dunia nyata. Selainitu, certia fantasi bisa menggunakan nama-nama dalam kehidupan nyata, menggunakan nama tempat yang ada dalam dunia nyta atau peristiwa pernah terjadi pada dunia nyata.

Berdasarkan penjelasan tersebut berikan komentar untukpengelompokkan cerita fantasi berikut!


Teks Kategori Alasan/Bukti
Ringkasan Cerita Fantasi 1 Cerita Fantasi Total Pada kisah Kekuatan Ekor Biru Nagata, seluruh tokoh, latar waktu maupun tempat, serta peristiwa yang diceritakan tidak terjadi pada dunia nyata. Seluruh cerita merupakan imajinasi penulis.
Ringkasan Cerita Fantasi 2 Cerita Fantasi Irisan Pada kisah Anak rembulan, tokoh, latar waktu maupun tempat, serta peristiwa sebagian terdapat di dunia nyata. Ketika cerita beralih kepada Mbok Rimbi yang merupakan jelmaan iblis, Mahesasuro dan Lembusuro dari Legenda Gunung Kelud, Saarce si putri Belanda yang dapat mengubah dirinya menjadi burung kenari, dan Sri Ratu yang dijuluki ‘Setan Merah’, cerita menggunakan tokoh yang tidak terdapat di dunia nyata.

Demikianlah Contoh dan jawaban Soal Mengidentifikasi Jenis Cerita Fantasi. semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar