-->

Contoh dan jawaban Soal Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi

Judul materi : Contoh dan jawaban Soal Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi 
Materi Kelas : Kelas 7 (tujuh )
Tema Materi : Belajar Deskripsi
Contoh dan jawaban Soal Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi

Ringkasan Materi : Contoh dan jawaban Soal Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi, Latihan soal ini terdapat dalam buku Paket Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pada halaman 33. untuk jawaban yang ada merupakan hasil pemikiran admin untuk menolong para pengunjung blog dalam mengevaluasi hasil belajar bahasa Indonesia kelas 7 kurtilas.

Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi
Kata depan di berfungsi sebagai kata depan jika diikuti dengan kata keterangan tempat, arah, posisi/ letak. Sebagai kata depan di ditulis terpisah dengan kata yang mengikutinya (di pantai, di belakang, di atas, di bagian barat, di samping). Sebagai awalan di ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Dalam hal ini di berfungsi sebagai imbuhan pada kata kerja pasif.
Penulisan di sebagai kata
depan dipisah
Penulisan di sebagai awalan
dirangkai
Tepatnya Pantai Parangtritis berada di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah.
Di sebelah kiri, terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.Matanya cokelat seperti madu. Matanya jernih menyejukkan untuk dipandang.
Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa.Kalau tidak dipedulikan, kakinya dientak-entakkan seperti anak kecil yang merajuk minta dibelikan mainan
Lukisan alam yang sungguh memesona. Semburat warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau.Memasuki bibir Pantai Senggigi kita akan disambut angin pantai yang lembut dan udara yang segar.
Di pantai Parangtritis ini kita bisa menyaksikan kerumunan anak-anak bermain pasir.Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah
pohon rindang.

Penulisan Kata Berawalan meN- yang Dirangkai dengan Kata yang Diawali dengan Huruf k, p, t, s
  1. Fonem k, p, t, s luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: memengaruhi (meN- + pengaruh), memesona (meN- + pesona), mengarantina (meN- + karantina), dan sebagainya)
  2. Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata dasar yang diawali dengan kluster/ konsonan rangkap (misal: memprakarsai, mengkriminalkan, mengklasifikasi,)
  3. Fonem k, p, t, s TIDAK luluh jika setelah awalan meN- diikuti oleh kata berimbuhan yang berawal dengan huruf k, p, t, s (misal: mempertaruhkan, memperluas)

Demikianlah Contoh dan jawaban Soal Mencermati Penulisan Kata Depan pada Teks Deskripsi, semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar