Jumat, 23 Februari 2018

Menentukan Unsur Instrinsik Drama Anak-anak

Judul materi : Menentukan Unsur Instrinsik Drama Anak-anak
Materi Kelas : SD kelas 1, 2 ,3, 4, 5 ,6
Tema Materi :  Unsur Intrinsik Drama Anak-anak
Ringkasan Materi :  Pengertian Drama, Unsur Intrinsik Drama

Menentukan Unsur Instrinsik Drama Anak-anak
1.    Pengertian Drama
Drama adalah karangan yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku yang dipentaskan. Drama juga disebut seni pertunjukan atau teater. Drama dapat ditonton dalam bentuk pementasan dan dapat pula dibaca dalam bentuk naskah drama.

Menentukan Unsur Instrinsik Drama Anak-anak

2.    Unsur-unsur Intrinsik Drama
Drama mengandung unsure intrinsic sebagaimana dongeng, cerita anak, atau puisi. Unsure intrinsic drama merupakan unsur yang terdapat dalam drama. Naskah drama mempunyai unsur-unsur tokoh, watak, latar, tema, alur, dan amanat. Dengan memahami unsur-unsur dalam naskah drama, kamu akan memahami drama secara utuh. Hasil pemahaman terhadap isi naskah drama dapat kamu sampaikan kepada orang lain. Ketika menyampaikannya, kamu harus tetap mempertahankan alur dalam drama. Unsur intrinsik drama meliputi alur, tokoh, latar, dan amanat. Unsur-unsur intrinsik dalam drama sebagai berikut.
a.    Alur
Alur adalah rangkaian peristiwa dan konflik yang menggerakkan jalan cerita. Alur drama pada umunya tersusun atas konflik awal, perkembangan konflik, dan penyelesaian. Dalam drama alur itu terbagi atas babak dan adegan.
b.    Penokohan
Penokohan adalah penggambaran watak tertentu dari setiap tokohnya. Penokohan dalam suatu drama ada tiga macam, yaitu sebagai berikut.
1)    Protagonis adalah tokoh yang menampilkan kebaikan
2)    Antagonis adalah tokoh jahat atau tokoh penentang kebaikan.
3)    Tritagonis adalah tokoh pndukung protagonis untuk memperjuangkan nilai kebaikan.

c.    Latar
Latar adalah keterangan mengenai ruang dan waktu. Penjelasan dlam drama dinyatakan dalam petunjuk pementasan atas yang disebut dengan kramagung. Latajuga dapat dinyatakan melalui percakapan para tokohnya. Dalam pementasannya, latar dapat dinyatakan dalam tata panggung ataupun tata cahaya.

d.    Amanat
Amanat dalam drama sama halnya dengan amanat dalam cerita fiksi. Amanat drama adalah pesan yang ingin dismapaikan pengarang kepada penonton. Amanat dapat disampaikan lewat pemeranan tokoh dalam drama baik melalui ucapan maupun perbuatan tokoh.

Demikianlah Materi Bahasa Indonesia tentang Menentukan Unsur Intrinsik Drama Anak-anak. semoga bermanfaat

0 komentar

Posting Komentar