-->

Contoh Menulis Teks Diskusi Permainan Komputer Apakah Mubazir

Judul materi :  Menulis Teks Diskusi Permainan Komputer - Apakah Mubazir?
Materi Kelas : 9 (Sembilan)
Tema Materi : Menyajikan Teks diskusi
Ringkasan Materi :  Berikut ini adalah soal dan jawaban dari Menulis Teks Diskusi Permainan Komputer - Apakah Mubazir? yang diambil dari buku paket bahasa indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 semester 2, adapun pembahasan soal adalah dari kkatrichannel.info yang dimanfaatkan sebagai bahan referensi untuk mengevaluasi hasil belajar adik-adik kelas 9 setelah mengerjakan soal Kegiatan 2 yang ada dihalaman 143 - 144 dengan pembahasan tentang Contoh Menulis Teks Diskusi Permainan Komputer - Apakah Mubazir? yang ada di buku paket kelas 9 sebagai berikut :
Contoh Menulis Teks Diskusi Permainan Komputer - Apakah Mubazir?


Berikut ini saya contohkan beberapa contoh teks diskusi tentang Contoh Permainan Komputer - Apakah Mubazir?

Contoh 1 ;

Pendahuluan :
Permainan komputer telah lama menjadi bagian dari kebudayan modern saat ini. Permainan komputer dianggap mampu memberikan banyak manfaat, terutama hiburan kepada mereka yang sedang mengalami cara untuk menghabiskan waktu luang atau mengelola stres. Meski begitu, tidak sedikit pula kontroversi yang tercipta akibat permainan komputer.

Gagasan utama ( Alasan dan bukti pendukung salah satu sudut pandang )
Bagi beberapa orang, permainan komputer dianggap mubazir. Pandangan ini berangkat dari pendapat bahwa mereka yang bermain permainan komputer hanya akan menghabiskan sejumlah besar waktu untuk kegiatan yang tidak produktif. Adapun kegiatan produktif diukur dari besar uang yang mampu dihasilkan seseorang selama waktu tertentu relatif terhadap pekerjaan lain. Permainan komputer, bagi mereka, tidak akan mampu menjadi hal yang produktif karena dianggap tidak mampu menghasilkan uang. Oleh karena itu, permainan komputer bagi mereka merupakan hal yang mubazir.

Gagasan utama ( Alasan dan bukti pendukung sudut pandang lainnya )
Namun bagi kelompok lain, permainan komputer bukanlah hal yang mubazir. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya orang yang menggeluti permainan komputer sebagai karir profesional dan menghasilkan uang berlimpah. Bagi mereka, permainan komputer adalah cara baru menjalani kehidupan dan dengan demikian bukan hal yang mubazir.

Simpulan :
Terlepas dari kontroversi yang ada, permainan komputer patut disyukuri sebagai inovasi dalam kehidupan. Dampak positif dan negatif pasti ada, namun harus selalui dihadapi dengan optimis.

Contoh 2 ;

Pendahuluan
Permainan komputer telah lama menjadi kontroversi di tengah masyarakat. Ada masyarakat yang berpendapat bahwa kegiatan ini bermanfaat, namun tidak sedikit yang berpendapat sebaliknya. Sebagai buah perkembangan teknologi, permainan komputer sudah sepantasnya menjadi topik yang layak untuk dibahas.

Gagasan utama ( Alasan dan bukti pendukung salah satu sudut pandang )
Layaknya permainan pada umumnya, permainan komputer pada dasarnya dihadirkan sebagai hiburan semata atau dengan kata lain utnuk menyegarkan pengguna komputer dari aktivitas rutin. Permainan komputer secara sederhana dihadirkan sebagai bentuk digital atau elektronik dari beragam permainan yang sudah lama kita kenal dalam kehidupan nyata. Penggunaan yang tepat dari permainan komputer telah lama terbukti mampu menurunkan atau bahkan menghilangkan tingkat stress pada pengguna komputer. Hal ini tidak hanya ditimbulkan dari pola permainan yang diusung, bahkan faktor-faktor lain seperti unsur audio dan grafis turut memainkan peranan yang penting. Bahkan tidak sedikit para ahli yang berpendapat bahwa keberadaan permainan komputer sangat bermanfaat dalam menumbuhkan kreativitas di kalangan generasi muda. Bahkan tidak sedikit generasi muda saat ini yang menjadikan permainan komputer sebagai salah satu ladang pencarian rezeki. Mereka yang tidak lagi bergantung pada mata pencaharian formal kini beralih pada permainan komputer untuk membentuk masa depan yang cerah, terbebas dari segala masalah finansial yang senantiasa menghantui banyak orang.

Gagasan utama ( Alasan dan bukti pendukung sudut pandang lainnya )
Meski begitu, tidak semua orang memiliki pandangan yang sama. Tidak sedikit orang beranggapan bahwa permainan komputer tidak seharusnya ada. Mereka beranggapan bahwa permainan komputer hanya mendatangkan efek buruk bagi masyarakat, terutama generasi muda. Pendapat ini bukannya tanpa alasan. Tidak sedikit pengguna komputer yang malah menjadi ketagihan dengan permainan komputer dan melekat dengan permainan tersebut sambil melepaskan diri mereka dari kehidupan nyata. Akibatnya, kehidupan dan tugas mereka terbengkalai. Tak jarang permainan komputer malah berubah menjadi kecanduan yang sama bahayanya dengan kecanduan lain seperti rokok dan bahkan narkoba sekalipun. Beberapa orang bahkan dilaporkan dijemput maut ketika menjalankan aktivitas ini. Maka tak heran jika banyak orang yang menentang dengan sangat keras permainan komputer.

Simpulan
Sebagai bagian dari dunia ini, permainan komputer pasti tidak akan lepas dari pro dan kontra. Sesuai dengan peribahasa, tak ada gading yang tak retak, begitu juga dengan permainan komputer. Permainan komputer di satu sisi dapat bermanfaat mulai dari meningkatkan kreativitas hingga menjadi sumber penghasilan. Namun, jika tidak dikelola dengan baik, aktivitas ini hanya akan mendatangkan dampak negatif bagi pihak yang melakukannya.

Demikianlah Contoh Menulis Teks Diskusi Permainan Komputer - Apakah Mubazir?, semoga dapat dijadikan bahan referensi sebagai ide pengembangan dalam menulis teks diskusi.
LihatTutupKomentar