-->

Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Struktur Eksposisi

Judul materi :  Menelaah Struktur Eksposisi
Materi Kelas : 9 (Sembilan)
Tema Materi : Menyajikan Teks diskusi
Ringkasan Materi :  Berikut ini adalah soal dan jawaban dari Kegiatan 1 dan Kegiatan 2 Menelaah Struktur Eksposisi yang diambil dari buku paket bahasa indonesia Kelas 9 Kurikulum 2013 semester 2, adapun pembahasan soal adalah dari kkatrichannel.info yang dimanfaatkan sebagai bahan referensi untuk mengevaluasi hasil belajar adik-adik kelas 9 setelah mengerjakan Soal Menelaah Struktur Eksposisi yang ada dihalaman 123-124 dengan pembahasan tentang Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Struktur Eksposisi dari teks yang ada di buku paket kelas 9 sebagai berikut :
Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Struktur Eksposisi

Kegiatan 1 Membaca dan Menelaah Struktur Eksposisi
Model teks ekspsosisi

Pendahuluan :
Anak-anak hampir di seluruh dunia, terutama di kota-kota besar,  kini semakin gemuk dan semakin diperburuk dengan gaya hidup yang  tidak sehat. Lalu, bagaimana kita dapat mengatasinya? Cara terbaik  adalah bermain olahraga bagi anak-anak semua usia. 

Pikiran Utama :
Beraktivitas melalui permainan olahraga akan menjaga anak-anak tetap kuat, bugar, dan sehat.

Alasan dan bukti penting :
Pertumbuhan fisik memerlukan  banyak latihan gerak setiap hari dan cara terbaik melakukannya adalah dengan berolahraga. Para ilmuwan sudah menunjukkan bahwa anak yang berolahraga memiliki sedikit masalah kesehatan dibanding anak-anak yang hanya duduk di rumah banyak menonton televisi atau bermain video game. Ada banyak jenis permainan olahraga yang dapat dimainkan anak-anak mulai dari yang tradisional seperti galasin dan lompat tali hingga yang umum seperti sepak bola, futsal, bulu tangkis, voli, senam, dan bola basket. Bersyukur kita tinggal di Indonesia dapat memainkan semua olahraga tersebut sepanjang tahun. Jadi, tidak masalah jenis olahraga mana yang kamu suka atau di mana kamu tinggal, selalu ada jenis olahraga bagi siapa saja. Tidak ada alasan mengeluh merasa bosan. 

Selain itu, bermain olahraga dalam tim sangat baik bagi anak-anak sebab dapat memperbanyak pertemanan. Mereka juga belajar bagaimana bekerja sama dalam satu tim dan saling membantu. Anak-anak yang tidak berolahraga tidak memiliki kesempatan untuk bersenang-senang dan memiliki banyak teman. Ini menyedihkan. 

Simpulan :
Sangat jelas bahwa semua anak sebaiknya harus bermain olahraga. Olahraga membantu mereka memiliki teman baru, menjaga kebugaran dan kesehatan, dan belajar bagaimana bekerja sama dengan orang lain. Bermain olahraga sangat menyenangkan jauh lebih baik daripada bosan dan suntuk di rumah.

Kegiatan 2 Pertanyaan Telaah

1. Apa pendapat penulis terhadap topik ini?
Jawaban:
Penulis beranggapan bahwa olahraga dapat membantu orangtua untuk mengatasi masalah obesitas dan kesehatan pada anak-anak.

2. Apa kata atau frasa yang digunakan penulis untuk mengatakan pandangannya?
Jawaban:
Penulis menggunakan frasa semakin gemuk, semakin diperburuk, tidak sehat, masalah kesehatan, bermain olahraga, teman baru, menjaga kebugaran, sangat menyenangkan

3. Teks eksposisi di atas belum memiliki judul. Judul apa kira-kira yang paling sesuai?
Jawaban:
Salah satu judul yang dapat digunakan untuk contoh teks eksposisi tersebut adalah "Bermain olahraga untuk anak yang sehat"

4. Pada bagian pendahuluan penulis menggunakan kata kita mengapa penulis melakukan ini
Jawaban:
Penggunaan kata kita menunjukkan bahwa penulis dalam membuat sebuah buku atau karya dibantu orang lain, baik bantuan moril atau spirituil.

5. Bagaimana penulis menyusun gagasannya dan alasannya?
Jawaban:
1. Memperkaya diri dengan membaca.
Membaca dan menulis diibaratkan seperti dua sisi mata uang. Keduanya tidak dapat dipisahkan. Menulis membutuhkan membaca dan begitu pula sebaliknya, membaca membutuhkan menulis. Kegemaran membaca akan membekali seorang penulis dengan wawasan dan pengetahuan yang luas. Dengan membaca, hal-hal baru diperoleh dan munculnya ide baru pun sangat memungkinkan. Dan jangan lupa untuk mencatat poin-poin penting dari apa yang sudah dibaca. Catatan-catatan tersebut akan menjadi referensi dalam menemukan gagasan baru yang akan ditulis.
2. Menyadari semua hal di sekitar. 
Jangan pernah abaikan apa yang terjadi dan yang ada di sekitar kita. Hal-hal tersebut merupakan sumber gagasan untuk menulis. Coba perhatikan dan rasakan sejuknya udara pagi hari, indahnya kicauan burung, perhatikan pula aktivitas pagi yang mulai menggeliat. Catatlah apa yang dilihat dan rasakan, kelak bisa saja hal-hal tersebut menjadi benih ide tulisan. Orang-orang, binatang, alam bisa menjadi sumber inspirasi untuk karya fiksi dengan latihan dan sedikit imajinasi.
3. Melihat ke dalam hidup pribadi. 
Sumber gagasan lainnya adalah hidup kita. Penulis dapat memulai menulis dengan menceritakan dirinya sendiri. Misalnya dengan menceritakan mengenai kelahiran, arti nama, mengapa orang tua memberikan nama tersebut, dan lain sebagainya. Bisa juga Anda menulis mengenai pengalaman pribadi yang menyedihkan, menyenangkan, bahkan memalukan. Semuanya merupakan sumber gagasan yang tidak akan ada habisnya.

6. Eksposisi menggunakan kata emotif agar memberi dampak bagi pembaca. Beberapa kata emotif yang digunakan dalam teks di atas adalah menyenangkan, pertemanan, kerja sama. Coba temukan kata emotif lainnya yang ada dalam teks.
Jawaban:
Eksposisi pantun, Kebersamaan, keseralasan

7. Eksposisi menggunakan kata-kata untuk meyakinkan pembaca (persuasi) agar setuju dengan pandangan penulis. Beberapa kata persuasif yang digunakan dalam teks adalah sangat baik, memerlukan, harus. Coba temukan kata lainnya.
Jawaban:
Contoh kata lain yaitu bagus,hebat,luar biasa,dan sebaiknya.

8. Eksposisi menggunakan kata-kata tertentu yang menghubungkan gagasan
dalam paragraf dan menghubungkan antarparagraf. Beberapa kata hubung yang digunakan dalam teks adalah juga, selain itu, dan. Temukan kata lainnnya.
Jawaban:
Sedangkan,dapat juga..., seperti.

9.  Eksposisi menggunakan kata-kata topik dalam keseluruhan teks. Kata kata topik ini berkaitan dengan judul atau inti persoalan. Dalam teks ini dapat berupa kata-kata tentang anak-anak dan olahraga. Dapatkah kamu temukan beberapa contoh kata-kata topik ini dalam teks?
Jawaban:
Kesehatan, pertemanan.

10. Apa tujuan simpulan dalam eksposisi?
Jawaban:
Tujuan teks eksposisi untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

11. Apa alasan dalam isi eksposisi yang dirujuk dalam simpulan?
Jawaban:

Untuk menjelaskan informasi tertentu agar bisa menambah ilmu pengetahuan pembaca, sehingga dengan membaca teks ini maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara rinci dari suatu hal atau kejadian.

Demikianlah Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Struktur Eksposisi, semoga bermanfaat sebagai bahan evaluasi bukan hanya sekedar contekan saja!
LihatTutupKomentar