-->

Contoh dan Jawaban Soal Menelaah dan Memperbaiki Kepaduan Paragraf

Judul materi : Menelaah dan Memperbaiki Kepaduan Paragraf
Materi Kelas : Kelas 7 Semester 1
Tema Materi : menyibak ilmu dalam laporan hasil observasi (Bab 4)
Contoh dan Jawaban Soal Menelaah dan Memperbaiki Kepaduan Paragraf

Ringkasan Materi :
Contoh dan Jawaban Soal Menelaah dan Memperbaiki Kepaduan Paragraf adalah soal yang berada di halaman 150 buku paket bahasa indonesia kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 di bab 4 tentang Menelaah dan Memperbaiki Kepaduan Paragraf, adapun Jawaban soal merupakan reverensi dari jawaban admin yaitu kkaktri yang dipergunakan sebagai bahan Evaluasi adik-adik kelas 7 setelah mengerjakan soal yang ada di halaman 150 tersebut. jawaban ini jangan dijadikan hanya bahan contekan saja tetapi kkaktri lebih menekankan agar jawaban yg ada di blog ini dijadikan bahan evaluasi setelah adik adik mencoba menyelesaikan soal tersebut.

Menelaah dan Memperbaiki Kepaduan Paragraf
Bacalah teks berikut! Carilah kalimat yang tidak padu pada tiap paragraf!
Lebah
(1) Lebah memiliki ciri fisik secara khusus. Sebagai serangga, lebah memilik tiga pasang kaki dan dua pasang sayap. Beberapa jenis lebah memiliki sengat yang sebetulnya bersifat fatal bagi. Jika sengat digunakan untuk menyengat akan mengakibatkan kematian bagi lebah sendiri. Hal ini disebabkan oleh adanya sengat dan kantong kelenjar yang terlepas dan tertancap pada sasaran.Seperti ciri-ciri serangga pada umumnya badan lebah dibagi menjadi tiga bagian: kepala, torak, dan perut. Lebah memiliki berbagai mafaat dalam dunia kesehatan.

(2) Lebah memiliki perilaku yang khas. Jika madu diambil, lebah akan marah. Kemarahan lebah bisa disebabkan karena terganggu dan terkejutnya koloni itu. Lebah ada yang bersifat agresif dan ada yang tidak agresif. Perilaku khas lebah juga terkait dengan pembagian kerja lebah. Cara pembudidayaan lebah dapat dilakukan dengan beberapa teknik. Teknik tradisional dan teknik modern sama-sama baik untuk budidaya lebah.

(3) Lebah di alam berfungsi penting sebagai serangga penyerbuk utama. Kesukaannya akan nektar dan serbuk sari membantu tumbuhan untuk melakukan penyerbukan silang.

Lebah juga bermanfaat pada dunia pengobatan. Sengat lebah dimanfaatkan manusia dalam pengobatan serupa akupunktur yang dinamakan terapi lebah. Ada berbagai jenis madu dari lebah yang diternakkan. Agar bisa memperoleh madu yang baik, sebaiknya dipilih jenis lebah yang sesuai.Pada dunia kuliner lebah juga memiliki beragam manfaat. Dalam dunia kuliner lebah berperan sebagai bahan yang membuat masakan tertentu lebih nikmat.

Memang lebah bermanfaat dalam berbagai bidang. Manfaat lebah merambah pada bidang pertanian, kesehatan, dan kuliner.

Manakah paragraf yang tidak padu pada teks diatas! Jelaskan alasanmu!
Jawaban :
Menurut saya paragraf kedua paragraf yang tidak padu, karena isi dari paragraf tersebut tidak sesuai dengan topik bahasan dengan paragraf satu dan paragraf ketiga , karena isi paragraf satu dan tiga mnerangkan tentang topik bahasan manfaat dari lebah.

Demikianlah Contoh dan Jawaban Soal Menelaah dan Memperbaiki Kepaduan Paragraf. semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar