Rabu, 06 November 2019

Contoh dan Jawaban Menelaah untuk Melengkapi Teks Laporan Hasil Observasi

Judul materi : Menelaah untuk Melengkapi Teks Laporan Hasil Observasi
Materi Kelas : Kelas 7 Semester 1
Tema Materi : menyibak ilmu dalam laporan hasil observasi (Bab 4)
Contoh dan Jawaban Menelaah untuk Melengkapi Teks Laporan Hasil Observasi

Ringkasan Materi :
Contoh dan Jawaban Menelaah untuk Melengkapi Teks Laporan Hasil Observasi adalah soal yang berada di halaman 148-149 buku paket bahasa indonesia kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 di bab 4 tentang Menelaah untuk Melengkapi Teks Laporan Hasil Observasi, adapun Jawaban soal merupakan reverensi dari jawaban admin yaitu kkaktri yang dipergunakan sebagai bahan Evaluasi adik-adik kelas 7 setelah mengerjakan soal yang ada di halaman 148-149 tersebut. jawaban ini jangan dijadikan hanya bahan contekan saja tetapi kkaktri lebih menekankan agar jawaban yg ada di blog ini dijadikan bahan evaluasi setelah adik adik mencoba menyelesaikan soal tersebut.

Pola pengembangan Isi
Pola pengembangan isi laporan tergantung apa yang diobservasi. Di bawah ini contoh-contoh pengembangan isi dalam teks laporan hasil observasi
Contoh 1Contoh 2Contoh 3
  1. definisi pantai
  2. uraian jenis pantai dari berbagai segi
  3. manfaat pantai
  1. definisi pantai
  2. uraian jenis pantai dari berbagai segi
  3. manfaat pantai
  1. definisi terumbu karang
  2. habitat terumbu karang
  3. jenis terumbu karang dari segi bentuk
  4. jenis terumbu karang dari segi tempat tumbuh

Pola pengembangan Urutan Isi
Dari contoh-contoh itu kelompokkan menjadi beberapa jenis cara pengembangan isi teks laporan hasil observasi.
 Menelaah untuk Melengkapi Teks Laporan Hasil Observasi

Telaahlah teks Terumbu Karang berikut dan tentukan bagian mana yang belum ada!
Daftarlah informasi apa saja yang akan kamu cari!
Cari informasi yang relevan pada ensiklopedi atau internet atau buku pengetahuan yang relevan!
StrukturKalimat
Definisi UmumTerumbu karang adalah sekumpulan hewan karang yang bersimbiosis dengan sejenis tumbuhan alga. Terumbu karang termasuk dalam jenis filum Cnidaria kelas Anthozoa. Koloni karang dibentuk oleh ribuan hewan kecil yang disebut Polip.
Deskripsi
Bagian
Dalam bentuk sederhananya, karang terdiri atas satu polip saja yang mempunyai bentuk tubuh seperti tabung dengan mulut yang terletak di bagian atas dan dikelilingi oleh tentakel. Namun pada kebanyakan spesies, satu individu polip karang akan berkembang menjadi banyak individu yang disebut koloni. Hewan ini memiliki bentuk unik dan warna beraneka rupa serta dapat menghasilkan CaCO3. Terumbu karang merupakan habitat bagi berbagai spesies tumbuhan laut, hewan laut, dan mikroorganisme laut lainnya yang belum diketahui.
Deskripsi
Bagian
Terumbu karang mengandung berbagai manfaat yang sangat besar dan beragam, baik secara ekologi maupun ekonomi. Manfaat terumbu karang secara ekologi adalah sebagai penunjang kehidupan berbagai jenis makhluk hidup yang ada di sekitarnya. Terumbu karang menyediakan tempat tinggal, mencari makan, dan berkembang biak bagi berbagai biota laut. Serta sebagai pelindung pasir dan pesisir dari abrasi, dan mengurangi pemanasan global dengan mengubah CO2 menjadi zat kapur yang bahan baku terumbu. Sedangkan manfaat terumbu karang secara ekonomi adalah sebagai sumber makanan oleh manusia. Seperti rumput laut yang dijadikan agar-agar, berbagai jenis ikan, udang, kepiting, dan teripang. Serta sebagai mata pencaharian baik sebagai nelayan, petani rumput laut, dan sebagainya.
Deskripsi
Bagian
Terumbu karang dikelompokkan berdasarkan tempat tumbuh. Berdasarkan letak tumbuh terdapat jenis terumbu karang tepi dan karang penghalang. Terumbu karang tepi adalah jenis terumbu karang paling sederhana dan paling banyak ditemui di pinggir pantai yang terletak di daerah tropis dan berkembang di mayoritas pesisir pantai. Perkembangannya bisa mencapai kedalaman 40 meter dengan pertumbuhan ke atas dan ke arah luar menuju laut lepas. Sedangkan terumbu karang penghalang menyerupai terumbu karang tepi, hanya saja jenis ini hidup lebih jauh dari pinggir pantai,yaitu terletak sekitar 0.5­2 km ke arah laut lepas dengan dibatasi oleh perairan berkedalaman hingga 75 meter. 

Demikianlah Contoh dan Jawaban Menelaah untuk Melengkapi Teks Laporan Hasil Observasi. semoga bermanfaat

0 komentar

Posting Komentar