-->

Contoh dan jawaban Soal menentukan Struktur Teks Hasil Observasi

Judul materi : menentukan Struktur Teks Hasil Observasi
Materi Kelas : Kelas 7 Semester 1
Tema Materi : menyibak ilmu dalam laporan hasil observasi (Bab 4)

Ringkasan Materi :
Contoh dan Jawaban Soal menentukan Struktur Teks Hasil Observasi adalah soal yang berada di halaman 142-144 buku paket bahasa indonesia kelas 7 semester 1 kurikulum 2013 revisi 2017 di bab 4 tentang menentukan Struktur Teks Hasil Observasi, adapun Jawaban soal merupakan reverensi dari jawaban admin yaitu kkaktri yang dipergunakan sebagai bahan Evaluasi adik-adik kelas 7 setelah mengerjakan soal yang ada di halaman 142-144 tersebut. jawaban ini jangan dijadikan hanya bahan contekan saja tetapi kkaktri lebih menekankan agar jawaban yg ada di blog ini dijadikan bahan evaluasi setelah adik adik mencoba menyelesaikan soal tersebut.

Kucing
Contoh dan jawaban Soal menentukan Struktur Teks Hasil Observasi

(1)Kucing merupakan binatang peliharaan yang paling populer. Kucing merupakan hewan dari kelas mamalia. Berdasarkan makannya kucing termasuk binatang karnivora karena pemakan daging. Ciri karnivora terlihat dari struktur gigi kucing yang tajam dan bertaring. Kucing Felis catus merupakan kucing piaraan atau rumahan yang sering kita lihat berkeliaran. Kucing disebut juga kucing domestik atau kucing rumah (nama ilmiah felis silvestris catus atau feliscatus). Kata “kucing” biasanya merujuk kepada “kucing” yang telah dijinakkan.

(2)Kucing dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Berdasarkan asalnya dikenal adanya kucing kampung (Indonesia), kucing anggora, kucing persia, dan kucing hutan. Kucing berdasarkan garis keturunan ada dua kelompok, yaitu kucing galur murni dan keturunan campuran. Tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

(3)Kucing memiliki mata yang cukup unik. Kucing memiliki mata/ penglihatan yang tajam yang berfungsi untuk mencari mangsa pada malam hari. Kucing dapat melihat dalam cahaya yang amat terang. Kucing memiliki selaput pelangi atau iris membentuk celah pada mata yang akan menyempit jika terkena cahaya yang amat terang. Seperti kebanyakan predator, kedua mata kucing menghadap ke depan, menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang. Mata kucing memiliki persepsi yang lemah.

(4) Ciri fisik kucing yang lain adalah memiliki kumis (misai). Kucing memiliki misai yang berfungsi untuk menentukan arah saat berjalan di ruang yang gelap maupun di tengah kegelapan malam. Misai dapat mendeteksi perubahan angin yang amat kecil.Kumis ini juga dapat digunakan oleh kucing untuk menentukan apakah badannya dapat melewati ruangan yang sempit (seperti pipa), karena jarak antara kedua ujung kumis kucing hampir sama dengan lebar tubuhnya. Selain kumis, ciri khusus lain terdapat pada kaki dan telinga kucing. Kucing memiliki bantalan halus di telapak kakinya. Bantalan ini berfungsi untuk memperkecil suara langkah kakinya dalam berjalan sehingga musuh/mangsanya tidak mendengar atau mengetahui kedatangan kucing. Sebagai anggota mamalia, kucing memiliki tiga tulang kuping yang berukuran kecil dan dikenal dengan nama ossicles. Dengan tulang ini kucing dapat mendeteksi suara-suara yang sangat halus. Alat keseimbangan pada telinga berfungsi untuk mengatur keseimbangan pendengarannya sehingga jika kucing jatuh tetap dalam keadaan berdiri.

(5) Seperti halnya hewan yang telah mengalami penjinakan, kucing hidup  dalam hubungan mutualistik dengan manusia. Karena keuntungan yang diperoleh dari adanya kucing, manusia membiarkan kucing liar berkeliaran di pemukiman. Kucing banyak dimanfaatkan manusia untuk menangkap tikus-tikus.

Struktur Paragraf Nomor Alasan
Defenisi Umum 1 Berisi definisi dan deskripsi yang menggambarkan kucing secara umum
Deskripsi bagian 2 menjelaskan bagian Jenis-jenis kucing
Deskripsi bagian 3 menjelaskan deskripsi bagian mata kucing
Deskripsi bagian 4 menjelaskan deskripsi tentang misai kucing
Deskripsi bagian 5 Menjelaskan deskripsi manfaat kucing

Demikian Contoh dan jawaban Soal menentukan Struktur Teks Hasil Observasi. semoga bermanfaat
LihatTutupKomentar