-->

Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Pola-pola Penyajian Iklan


Judul materi : Menelaah Pola-pola Penyajian Iklan
Materi Kelas : 8 (Delapan) Semester 1
Tema Materi : Iklan Sarana Komunikasi


Ringkasan Materi : Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Pola-pola Penyajian Iklan, Soal Bahasa Indonesia kelas 8 ini saya ambil dari buku paket bahasa Indonesia kelas 8 Kurikulum 2013 tepatnya di kegiatan 2.6 yang berada dalam halaman 45- 46. adapun jawaban adalah jawaban admin yang dapat dijadikan pertimbangan jawaban sebagai bahan evaluasi atau pembetulan setelah kalian belajar bahasa indonesia pada buku paket bahasa indonesia tersebut.

Kerjakanlah Soal -soal berikut secara berdiskusi!
1. Tuliskan tiga judul iklan elektronik. Pesan-pesan yang disampaikan serta daya tarik iklan tersebut!


Judul Iklan Pesan-Pesan Daya tarik
Nescafe Green Blend Pancarkan aura cantikmu dengan biji kopi hijau Pemilik cat penginapan yang memancarkan aura sehingga membuat para pekerja hotel terpesona.
SGM Eksplor 1 Plus : Anak SGM Susu Generasi Maju Selama lebih dari 60 tahun SGM Eksplor mendukung orang tua Indonesia mempersiapkan si kecil menjadi generasi maju Iklan ini menyampaikan perjuangan orang tua, bagaimanapun keadaannya, memberi segalanya uang terbaik untuk kehidupan yang lebih baik.
Sunsilk Clean & Fresh edisi Laudy Chyntia Bella Rambut dan kulit kepala terasa segar sepanjang hari Meski rambut dan kulit kepala tertutup hijab sepanjang hari karena kulit kepala berkeringat, rambut tidak mudah lepek dan segar sepanjang melakukan aktivitas.

2. Tentukan pula dua buah iklan media cetak. tempelkan iklan tersebut dalam buku lembar kerjamu. Jelaskan Isi dan penawaran iklan terssebut dengan menggunakan kata-katamu sendiri!


Guntingan Iklan Isi IKlan Penawaran
Alya service elektronik adalah penjual jasa yang melayani servis alat elektronik seperti TV, LED, Mesin Cuci, Kulkas, AC, VCD/DVD, Speaker, komputer, jaringan, instalasi listrik, dll Penawaran Jasa Service Barang Elektonik dengan bersedia dipanggil kerumah
memberikan gratis 5 minuman jika memesan 5 porsi bakso
promo berlaku selama bulan maret
alamat di food district Lt. 2 Margo city, depok
menu masakan selain bakso adalah daging ayam, udang, gurame, cumi, dan daging sapi
menu masakan halal
Promo Bakso, setiap 5 porsi dapat gratis 5 minuman

3. Carilah masing-masing dua contoh iklan pemberitahuan, iklan layanan masyarakat, dan iklan penawaran, jelaskan pula maksud setiap iklan tersebut!


Jenis Iklan (Iklan Pemberitahuan) (Iklan Layanan Masyarakat) (Iklan Penawaran)
Penjelasan

Ungkapan bela sungkawa
Menjelaskan bahwa iklan ini mengungkapkan bela sungkawa terhadap keluarga Bapak Sumual

Contoh Iklan Masyarakat Larangan menggunakan narkoba.
Iklan ini menjelaskan tentang bahaya narkotika biasanya tentang bahaya penyalahgunaan obat- obatan terlarang serta memberi peringatan tentang dampak dan efek obat yang dapat menghancurkan kehidupan pemakainya di masa mendatang.

Iklan Produk KFC
contoh iklan teksnya :
"Ini baru burger yang beda, renyahnya dahsyat, dengan patty daging ayam utuh, dipadu mayonaise, zuper saus, keju cheedar, fresh lettuce KFC ZUPER KRUCNH nikmati tiap gigitan. sensasional, baru, KFC ZUPER KRUCNH. mulai 20.000an (Iklan produk KFC)"

Iklan ini memberikan gambaran cita rasa dari makanan tersebut, bahan- bahan pembuatan dan juga gambar menarik dari produk. Kadang, ada juga pencantuman harga produk dan nomor pemesanan untuk membuat orang lebih terpikat.
Jenis Iklan (Ikalan Pemberitahuan) (Iklan Layanan Masyarakat) (Ikalan Penawaran)
Penjelasan
Menjelaskan bahwa iklan ini memberitahukan kepada para khalayak ramai bahwa telah digalangkan penerimaan donasi guna sahur dan berbuka puasa bagi orang yang kurang mampu.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat Bahaya Merokok
Iklan ini menjelaskan tentang bahaya merokok dan zat- zat kimia yang terdapat dalam rokok yanh dapat mengakibatkan penyakit kronis bahkan lebih parah lagi menyebabkan kematian.

Iklan Produk Makanan Ringan
Contoh iklan teksnya :
"Chitato dari kentang asli pilihan, dengan wavy cut, yang bikin kelejatan bumbu chitato
menyatu disetiap lekukannya rasanya? hmmm asli. benar benar berasa.
Saat nongkrong. Saatnya CHITATO"

Iklan ini memberikan gambaran tentang karakteristik produk tersebut agar para pembaca menjadi lebih terpikat dan tertarik untuk mencoba rasanya.


Demikianlah Contoh dan Jawaban Soal Menelaah Pola-pola Penyajian Iklan. Semoga bermanfaat


LihatTutupKomentar