Senin, 26 Februari 2018

Contoh Soal Melengkapi Struktur dan Menelaah Struktur Fabel

Judul Soal: Contoh Soal Melengkapi Struktur dan Menelaah Struktur Fabel
Materi Kelas : Kelas 7
Tema Materi : Fabel
Ringkasan Materi : Bab 6

Contoh Soal Melengkapi Struktur dan Menelaah Struktur Fabel
Contoh Soal Melengkapi Struktur dan Menelaah Struktur Fabel ini merupakan soal melengkapi cerita tentang fabel Monyet dan Kelinci. Soal ini diambil dalam buku paket bahasa indonesia kurtilas kelas 7 semester 2 pada halaman 231-233. soal ini melengkapi ruang rumpang yang ada pada soal buku paket Bahasa Indonesia Kelas 7. berikut soal melengkapi struktur dan menelaah struktur Fabel

Contoh Soal Melengkapi Struktur dan Menelaah Struktur Fabel


Lengkapi bagian bagian struktur fabel yang belum terisi! Berilah Judul yang Sesuai !

Jawaban :

Judul  : Monyet dan Kelinci

StrukturKalimat
OrientasiPada suatu hari, Monyet dan Kelinci sedang duduk di pinggir sungai. Kelinci suka mendengarkan cerita Monyet. Tapi satu hal, Kelinci merasa terganggu dengan gerakan menggaruk Monyet saat berbicara. Ia menggaruk kepalanya, rambut di dagunya, menggaruk tangan kanan dan kiri. Monyet pun suka mengobrol dengan Kelinci. Kecuali satu hal. Monyet sering terganggu dengan gerakan mengendus, menggerakkan hidung, menggerakkan kupingnya dari sisi satu ke sisi yang lain.
Komplikasi
Saat itu, Monyet sedang menceritakan bahwa tanaman pisangnya yang sudah ditanam. “Pohonnya besar. Subur. Sekarang sudah berbuah. Sebentar lagi pasti matang.” Monyet berhenti
bercerita untuk menggaruk-garuk kepala dan punggungnya.  Melihat itu, Kelinci yang ada di dekatnya menjaga jarak agak menjauh.
“Kalau nanti masak. Kita makan pisang bersama-sama ya, Kelinci?” Monyet kembali menggaruk perutnya.
“Heh, Nyet! Bisa tidak kamu ngomongnya jangan sambil garuk-garuk gitu!” Kelinci marah-marah sambil mendengus. “Nanti, kalau bulumu rontok terus masuk ke hidungku, pasti aku bersin-bersin.”
“Hey! Enak saja! Kamu itu, Ci! Ngomong gak usah ngegas gitu dong. Hidungmu dijaga. Gak usah mendengus-dengus gitu. Telingamu juga bergerak-gerak membuatku geli!” Monyet tidak terima dikatai suka garuk-garuk.
Mendengar ucapan Monyet, Kelinci juga sakit hati karena dituduh menjijikkan oleh Monyet. Keduanya, Kelinci dan Monyet sama-sama diam. Monyet tetap menggaruk-garuk badannya. Kelinci tetap mengendus-endus tidak jelas.
Ketika Kelinci dan Monyet masih diam dan menggerutu dalam hati, datang seekor Tupai Tua yang berjalan dengan tongkatnya.
Resolusi
Setelah dekat dengan Monyet dan Kelinci, Tupai Tua berkata, “Hai anak muda. Kenapa kalian berdiam-diam saja?” Tupai Tua berkata dengan suara seraknya. “Bukankah kalian adalah teman? Sahabat baik. Harusnya kalian harus saling menghargai perbedaan di antara kalian. Jangan masalah kecil dibesar-besarkan. Toh, ketika Monyet menggaruk tidak mengganggu kelinci. Ketika kelinci mendengus, juga tidak mengeluarkan liur yang mengotorimu, Nyet.”
Seketika, Monyet dan Kelinci tersadar. Bahwa persahabatan mereka tidak bisa dipisahkan olehhal kecil yang berbeda di antara keduanya.
KodaMeskipun berbeda, Monyet dan Kelinci sudah membantu sejak lama. Sudah bersahabat dengan erat sejak kecil. Akhirnya mereka berdua berterima kasih kepada Tupai Tua yang telah mengingatkan bahwa, sesama makhluk hidup harus saling menghormati dan menghargai. Perbedaan kecil tidak seharusnya merusak hubungan sesama makhluk hidup.


Demikianlah Contoh Soal Melengkapi Struktur dan Menelaah Struktur Fabel. semoga bermanfaat.

0 komentar

Posting Komentar