Selasa, 27 Februari 2018

Contoh Soal dan Jawaban Mengidentifikasi Ciri Surat Dinas

Judul Soal : Contoh Soal dan Jawaban Mengidentifikasi Ciri Surat Dinas
Materi Kelas : Kelas 7
Tema Materi : Surat
Ringkasan Materi : bab 7

Contoh Soal dan Jawaban Mengidentifikasi Ciri Surat Dinas
Jawaban Soal Mengidentifikasi Ciri Surat Dinas di halaman 249 buku paket SMP Bahasa Indonesia kelas 7 kurikulum 2013, Contoh Soal Mengidentifikasi Ciri Surat Dinas sebagai sumber belajar dalam memahami ciri-ciri Surat Dinas. Contoh soal dilengkapi dengan jawaban yang sesuai dan tepat, semoga dapat dijadikan referensi belajar kalian dalam belajar bahasa indonesia.

Contoh Soal dan Jawaban Mengidentifikasi Ciri Surat Dinas


Diskusikan
1) Apa saja unsur pada surat dinas?
Kop surat, Nomor surat, Tanggal surat, Lampiran, Perihal, Alamat surat, Salam pembuka, Isi surat
Paragraf penutup, Nama dan tanda tangan pihak yang memperkuat surat, dan Nama dan tanda tangan penulis surat

2) Bagaimana ciri surat dinas dari segi bentuk?
Bentuk surat resmi dikenali dengan alamat ditulis di sebelah kanan di bawah tanggal surat. Kemudian, di sebelah kiri berturut-turut ke bawah dituliskan : nomor surat, sifat (jika ada), lampiran dan perihal. Lay out pengetikan pada setiap alinea surat bentuk resmi dimulai 5 (lima) soasi dari garis pinggir kiri.

3) Bagaimana ciri surat dinas dari segi isi?
Isi surat dinas berkaitan dengan topik kedinasan. Misalnya, undangan rapat, permohonan maaf suatu instansi kepada orang/ instansi/ perusahaan, lamaran pekerjaan, surat permintaan izin tidak masuk, izin menggunakan tempat, dan sebagainya

Diskusikanlah hal-hal berikut untuk menyimpulkan ciri surat dinas!
a) Mengapa ada surat dinas selain surat pribadi sebagai alat korespondensi?
Surat Korespondensi adalah penyampaian maksud melalui surat dari satu pihak kepada pihak lain dapat atas nama jabatan dalam suatu perusahaan/ organisasi dan dapat atas nama perseorangan (individu). Karena surat dinas ditujukan secara resmi dan pada lembaga-lembaga resmi lain maka surat dinas dapat menjadi alat korespondensi.

b) Siapa yang diperbolehkan menulis surat dinas?
Surat dinas hanya boleh ditulis oleh sebuah instansi kepada instansi lain atau individu. Seseorang atas nama individu tidak diperbolehkan menulis surat dinas. Oleh sebab itulah, pada surat dinas ada kepala surat dan nomor surat.

0 komentar

Posting Komentar