Senin, 26 Februari 2018

Cerita Fabel Belalang Sembah

Judul materi : Cerita Fabel Belalang Sembah
Materi Kelas : Kelas 7
Tema Materi : Fabel
Ringkasan Materi : 

Suatu hari di sebuah kebun anggur tinggalah sebuah Keluarga Semut  dengan anggota jumlahnya yang sangat banyak, Semut  ini membuat sarangnya dari daun-daun lalu mereka tempel menggunakan cairan seperti lem yang mereka keluarkan dari mulutnya. Di sarang itu tinggalah seekor ratu semut yang tubuhnya paling besar diantara para semut sang ratu sangat rajin mengeluarkan telur-telur dan telur itu menetas menjadi semut-semut yang baru. Para Semut melihat bahwa musim gugur akan segera berlalu dan akan segera datang musim dingin yang cukup panjang ketika musim dingin makanan akan sangat sulit untuk didapatkan maka para semut itu segera mencari berbagai macam makanan untuk mereka kumpulkan sebagai bahan persedian ketika musim dingin telah tiba.
Belalang Sembah

 
Berbeda halnya degan seekor belalang sembah, belalang sembah memiliki mata yang besar dan tangan yang panjang mereka sering hidup di pohon-pohon seperti halnya para semut. ketika musim dingin akan tiba belalang sembah hanya berlatih menari, setiap hari belalang sembah itu hanya berlatih menari dia amat senang sekali berlatih menari namun sang belalang lupa bahwa dia harus mengumpulkan makanan untuk persiapannya menghadapi musim dingin.

Suatu hari sang belalang sembah menari di dekat sarang semut  dia menari dengan sangat anggun, gerakan tangan dan badannya yang pelan dan lembut membuat tariannya terlihat sangat mengagumkan, para semut melihat tarian sang belalang sembah menari namun mereka tidak menghiraukan tarian indahnya itu karena mereka memiliki tugas yang sangat penting.

Sang belalang yang sedang menari melihat para semut berjalan dengan membawa makanan untuk di bawa kesarangnnya, Sang belalang sembah heran dengan apa yang dilakukan semut rang-rang lalu dia bertanya kepada salah satu semut tentara yang sedang berjaga di dekat para semut pekerja “kenapa kalian membawa makanan yang sangat banyak itu masuk ke sarang kalian?” sang semut  menjawab “kami melakukannya agar kami tidak kelaparan saat musim dingin tiba.” lalu sang belalang kaget “musim dingin?” kata sang belalang sembah dengan kagetnya “aku lupa dengan musim dingin, aku terlalu sibuk dengan melatih tarianku hingga aku lupa bahwa sebentar lagi akan datang musim dingin dan aku belum mempersiapkan makanan untuk diriku.” keluh sang belalang “apa aku boleh meminta makanan kalian itu?” pinta sang belalang sembah “apa, yang kau lakukan setiap hari hanya menari, kini setelah kau sadar akan kebutuhan hidupmu kau memintanya kepada kami, enak sekali hidupmu itu.” kata sang semut sambil memasang wajah marah “kami bekerja dengan sangat keras setiap hari dengan penuh tenaga dan kau memintanya, aku sarankan kau untuk pergi dari tempat ini dan mencari makanan untuk kau simpan.” kata sang semut .

Akhirnya sang belalang sembah pergi mencari makanan untuk menghadapi musim dingin. 

Masa depan adalah milik setiap orang. Maka setiap orang perlu menyiapkan masa depannya dengan berusaha. bukan hanya menikmati kesenangan di masa sekarang tanpa memikirkan masa depan.

diataptasi dari dongengceritarakyat.com

Demikianlah Cerita Fabel Belalang Sembah. semoga bermanfaat

0 komentar

Posting Komentar