-->

Contoh dan Jawaban Soal Penggunaan Kata Depan di- dan Huruf Kapital pada Teks Deskripsi

Judul materi : 2. Menelaah Penggunaan Bahasa pada Teks Deskripsi
Sub Judul Materi : Soal Penggunaan Kata Depan di- dan Huruf Kapital pada Teks Deskripsi
Materi Kelas : Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013
Tema Materi : Belajar Deskripsi


Contoh dan Jawaban Soal Penggunaan Kata Depan di- dan Huruf Kapital pada Teks Deskripsi

Ringkasan Materi :Contoh dan Jawaban Soal Penggunaan Kata Depan di- dan Huruf Kapital pada Teks Deskripsiterdapat pada buku Paket Bahasa Indonesia Kelas 7 di halaman 26 yang terdapat pada materi 2. Menelaah Penggunaan Bahasa pada teks Deskripsi. adapun jawaban yang ada pada blog ini adalah hasil olah berpikir admin dalam menjawab soal bahasaIndonesia tersebut yang bertujuan untuk berbagi ilmu kepada semua siswa kelas 7 yang sedang mengerjakan (  PR ) Pekerjan Rumah bahasa indonesia dan hendak mengevaluasi hasil belajarnya.


 Penggunaan Kata depan di- dan Huruf Kapital
Daftarlah kata depan dan huruf kapital pada teks deskripsi yang disajikan!

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat Toraja. Tongkonan berasal dari kata tongkon yang artinya duduk bersama-sama. Suku Toraja yang memiliki rumah adat ini pegunungan yang berbatasan dengan Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Rumah adat ini merupakan salah satu ikon suku Toraja selain upacara pemakamannya. Toraja termasyur oleh karena rumah adatnya yang unik dan cantik ini. Oleh karena arsitekturnya yang menarik, Tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat Toraja. Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan terletak sekitar 12 km ke arah utara dari Rantepao. Memasuki Rantepao akan kita temui Tongkonan berjajar rapi dan indah seakan menyambut dengan ramah setiap pengunjung yang datang.

Rumah adat yang satu ini terbuat dari kayu yang bagus dan dihias dengan apik. Hiasan terdapat pada sekujur badan rumah dan atap rumah. Ukiran di sekujur bagian rumah menambah cantik bangunan ini. Ukiran yang menghias sekujur bangunan bermotif garis-garis lengkung yang harmonis. Rumah adat yang berjenis rumah panggung ini juga terbuat dari kayu yang kokoh. Bukan kayu sembarangan tentunya. Jenis kayu yang digunakan untuk membuat Tongkonan kabarnya memiliki kualitas juara dan hanya ditemukan di wilayah Sulawesi Selatan saja. Tanpa vernis dan plitur, kayu rumah Tongkonan tetap awet hingga ratusan tahun. Suku Toraja juga menghias atap tersebut dengan tanduk kerbau. Kerbau memang perlambang kebangsawanan Suku Toraja.

Atap rumah Tongkonan melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat. Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau.

Sungguh kaya warisan budaya Indonesia. Kita bangga memiliki warisan budaya dengan nilai artistik yang tinggi dan unik. Rumah adat Tongkonan warisan budaya yang perlu kita jaga.



Tempat Arah
1) di Lombok, di Toraja
2) di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (teks Parangtritis nan Indah paragraf 1)
3) Di Pantai Parangtritis (teks Parangtritis nan Indah paragraf 4)
4) di Nusa Tenggara Barat. (Teks Pesona Pantai Senggigi paragraf 1)
5) di Kecamatan Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. (Teks Pesona Pantai Senggigi paragraf 1)
6) di Pantai Senggigi. (Teks Pesona Pantai Senggigi paragraf 1)
7) di Pura Batu Bolong. (Teks Pesona Pantai Senggigi paragraf 4)
1) di bagian barat rumah Tangkonon
2) Di sebelah kiri,terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat. (teks Parangtritis nan Indah paragraf 2)
3) Di dagunya terdapat bekas cukur jenggot putih di dagunya. (teks Ayahku, Panutanku paragraf 1)
4) Hampir tiap malam, Bagas tidur di ujung kakiku. (teks si Bagas, Kelinciku paragraf 2)
5) Kalau waktunya makan dia berputar-putar di depanku sambil mengibas-ngibaskan telinganya yang panjang. (teks si Bagas, Kelinciku paragraf 2)
6) Sesuai dengan namanya, pura ini berdiri kokoh di atas batu karang yang memiliki lubang di tengahnya. (Teks Pesona Pantai Sengigi paragraf 4)
7) Sungguh sebuah keagungan pura di tengah keindahan Senggigi. (Teks Pesona Pantai Sengigi paragraf 4)
8) Seketika kedamaian dan kenyamanan seperti merangkul saat berada di area sekitar Pura Batu Bolong. (Teks Pesona Pantai Sengigi paragraf 4)
9) Pura pertama yang dijumpai berdiri di bawah pohon rindang. (Teks Pesona Pantai Sengigi paragraf 4)
10) Sementara, pura kedua berdiri kokoh di atas karang yang menjulang setinggi sekitar 4 meter dan memiliki lubang di bawahnya. (Teks Pesona Pantai Sengigi paragraf 4)
11) Drama tari kolosal “Ariah” dipentaskan di area Monas. (Teks Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah paragraf 1)
12) Pertunjukan dibuka dengan nyala api yang berkobar di depan tugu Monas. (Teks Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah paragraf 2)
13) Di bagian barat kembang api meluncur deras ke langit Jakarta diiringi alunan musik mengentak keras. (Teks Gebyar Pementasan Tari Kolosal Ariah paragraf 2)
14) Tongkonan berada di antara pohon-pohon bambu di puncak bukit. (teks Rumah Tongkonan paragraf 1)
15) Di setiap bangunan bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. (teks Rumah Tongkonan paragraf 2)


Demikianlah 
Contoh dan Jawaban Soal Penggunaan Kata Depan di- dan Huruf Kapital pada Teks Deskripsi. semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar