-->

Contoh Dan Jawaban Soal Langkah- langkah Penyimpulan Teks Persuasi

Judul Soal : Contoh Dan Jawaban Soal Langkah- langkah Penyimpulan Teks Persuasi
Materi Kelas : Kelas 8
Tema Materi : Belajar Persuatif
Ringkasan Materi :Bab 7

Contoh Dan Jawaban Soal Langkah- langkah Penyimpulan Teks Persuasi
Jawaban Soal langkah lahkah menyimpulkan teks persuasi halaman 184-185. soal dari buku paket bahasa indonesia kelas 8 kurtilas (K 13). untuk jawaban admin postingkan sebagai bahan pelajaran bagi seluruh siswa kelas 8 untuk dijadikan sumber referensi jawaban soal menyimpulkan teks persuasi . soal ini tidak dikenankan hanya untuk bahan contekan, namun jawaban ini harus digunakan sebgai bahan evaluasi kalian dalam menjawab soal pada halaman 184-185.

Contoh Dan Jawaban Soal Langkah- langkah Penyimpulan Teks Persuasi


Kegiatan 7.4
A. 
1. Bacalah kembali teks yang bertopik perlunya peringatan Hari Sumpah Pemuda pada pelajaran sebelumnya.

Bapak-bapak, Ibu-ibu, dan Saudara-saudara yang saya hormati. 
1Sekarang ini bangsa Indonesia ada di dalam suasana memperingati Hari Sumpah Pemuda, yang jatuh pada setiap tanggal 28 Oktober. Suatu hari yang sangat bersejarah. Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan Sumpah Pemuda.
2 Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambilhikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya yang sangat penting adalah semangat persatuan. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.
3 Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Meskipun memakan waktu yang agak lama, dapat dikatakan bahwa sumpah Pemuda yang dilandasi semangat persatuan itulah yang merupakan senjata ampuh yang dapat membawa bangsa Indonesia mencapai kemerdekaannya.
4 Persatuan bangsa diibaratkan sebuah gedung. Satu per satu bagiannya saling mengait sehingga menjadikan gedung itu kukuh. Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa. Hadirin yang berbahagia,
5 Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda. Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.
6 Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah. Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan demikian, citra pemuda semakin harum di masyarakat.
7 Demikianlah, semoga semangat persatuan yang tecermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan moda perjuangan membela bangsa dan negara. Ahmad Sunarto, 1991 dengan beberapa penyesuaian.

2. Jawabah soal-soal berikut 
a. Apa fakta penting yang dinyatakan dalam paragraf pertama?
b. Apa pendapat penting yang dinyatakan dalam paragraf kedua? 
c. Tunjukkan pula pendapat penting yang ada pada paragraf ketiga
d. Adakah pendapatfakta penting pada paragraf keempat dan kelimanya?
e. Dalam paragraf keenam ada pernyataan seperti berikut, Dengan demikian, citra pemuda semakin harum di masyarakat. Apakah pernyataan itu bisa dikatakan sebagai pendapat penting? Jelaskan alasan-alasannya!

Jawaban :
a. Fakta penting pada paragraf 1 pertama adalah pada tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia, khususnya dari golongan pemuda telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang dikenal dengan "Sumpah Pemuda". 

b. Sang penulis ingin memberikan hikmah yang dicapai pada sumpah pemuda , yaitu semangat persatuan yang harus kita contoh dan teladani

c. Keberhasilan dari semangat persatuan sumpah pemuda yang dapat mencapai kemerdekaan NKRI

d. ya,paragraf tersebut berisi pesan sang penulis untuk selalu memegang teguh nilai nilai sumpah pemuda yang dapat kita teladani dikehidupan sekarang ini sebagai penerus bangsa nantinya.

e. ya.kalimat itu merupakan sebuah dorongan sang penulis bagi pembaca untuk selalu dapat mengharumkan nama baik bangsa indonesia yang salah satunya dengan meneladani nilai nilai kepahlawanan dalam perjuangan sumpah pemuda ini. 


B. 
1. Secara berkelompok, rumuskan simpulan untuk teks bertopik tentang perlunya peringatan Hari Sumpah Pemuda!
2. Rumuskan simpulan itu berdasarkan langkah-langkah yang telah kita pelajari sebelumnya!

Jawaban


Pendapat/Fakta Penting Simpulan
a. peringatan tentang sumpah pemuda yang dirayakan setiap 28 oktober kita harus selalu menjaga semangat persatuan bangsa.
b. ingin memberikan hikmah yang dicapai pada sumpah pemuda yaitu semangat persatuan yang harus kita contoh dan teladani.
c. keberhasilan dari semangat persatuan sumpah pemuda yang dapat mencapai kemerdekaan NKRI.
d. untuk selalu memegang teguh nilai nilai sumpah pemuda yang dapat kita teladani di kehidupan sekarang ini sebagai penerus bangsa nantinya.
e. semua generasi muda Indonesia untuk giat beribadah
f. Citra Pemuda semakin harum di masyarakat

Demikianlah Contoh Dan Jawaban Soal Langkah- langkah Penyimpulan Teks Persuasi. Semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar